q Suara Pemred − Legislator Tinjau Pembangunan Pasar Beringin

Legislator Tinjau Pembangunan Pasar Beringin

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 297

Legislator Tinjau Pembangunan Pasar Beringin
TINJAU LOKASI - Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra meninjau pekerjaan proyek pembangunan Pasar Beringin Singkawang. Dia merasa prihatin atas kondisi Pasar Beringin Singkawang yang sudah sangat tidak layak. (SP/Rudi)
SINGKAWANG, SP - Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra meninjau pekerjaan proyek pembangunan Pasar Ikan Beringin Singkawang yang pengerjaanya menelan dana sebesar Rp1,2 miliar dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Selasa (12/12).

"Dari tinjauan kita hari ini, saya melihat bibir sungai kok di kecilkan. Padahal Kota Singkawang inikan sangat rawan banjir terutama di lokasi pasar ikan ini," katanya.

Sumberanto menyoroti tumpukan tanah yang ada di sekitar sungai yang belum dibersihkan oleh pihak yang mengerjakan pembangunan pasar.

“Jangan sampai tumpukan tanah itu dibuang ke dalam sungai sehingga membuat sungai semakin dangkal,” tegasnya.

Meski normalisasi sungai di Kota Singkawang memerlukan anggaran yang cukup besar, namun hal itu tentunya menjadi agenda pengerjaan Wali Kota Singkawang terpilih agar dapat mengatasi masalah tersebut.

"Tapi saya juga mengajak peran serta masyarakat Singkawang untuk tidak membangun apapun di bantaran sungai supaya Kota Singkawang tidak kumuh," ajaknya.

Hal itu diingatkan dia, lantaran kondisi Pasar Beringin Singkawang saat ini sudah sangat kumuh, begitu juga dengan bangunannya sudah sangat memprihatinkan.

"Tentunya kita tidak mau, di saat kondisi Pasar Beringin Singkawang yang sangat tidak layak ini pada waktu terjadinya hujan, badai atau angin kencang akan mengakibatkan roboh, bahkan menyebabkan adanya korban jiwa," ungkapnya.

Sehingga, hal ini menjadi sebuah tantangan atau pekerjaan rumah  bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang ke depan untuk menemukan pendanaan untuk melakukan perbaikan.

"Kami dari legislatif selalu menjalin komunikasi dengan Kemendag dalam hal penataan pasar di Kota Singkawang. Bila perlu, Pemerintah Pusat turun langsung melihat kondisi Pasar Beringin Singkawang yang sebenarnya," pintanya. (rud/jee)