q Suara Pemred − Pasokan Air Bersih Aman, PDAM Singkawang Siagakan IPA Semelagi

Pasokan Air Bersih Aman, PDAM Singkawang Siagakan IPA Semelagi

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 303

Pasokan Air Bersih Aman, PDAM Singkawang Siagakan IPA Semelagi
ISI AIR – seorang warga sedang mengisi jeriken dengan air PDAM. Air tersebut digunakan untuk mencuci, memasak dan mandi. Musim kemarau yang terjadi di Kalimantan Barat termasuk Kota Singkawang dua pekan terakhir. (Ist)
Direktur PDAM Gunung Poteng Kota Singkawang, Kristina Kilin
"Dalam kondisi tertentu, satu-satunya sumber air baku yang diandalkan adalah instalasi pengolahan air (IPA) Semelagi,"

SINGKAWANG, SP - Musim kemarau yang terjadi di Kalimantan Barat termasuk Kota Singkawang dua pekan terakhir, selain mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga mengancam sumber air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadi kering.

Direktur PDAM Gunung Poteng Kota Singkawang, Kristina Kilin memastikan, sementara ini, tidak ada masalah. Namun kalau kemarau masih berlangsung sampai satu bulan ke depan, maka sangat dikhawatirkan sumber air baku di Tirtasari dan Tirtayasa akan kering. 

"Dalam kondisi tertentu, satu-satunya sumber air baku yang diandalkan adalah instalasi pengolahan air (IPA) Semelagi," kata Kristina, Selasa (31/7).

Dia pun meyakini, sumber air bersih di IPA Semelagi masih tetap ada. "Tapi kita berharap kemarau tidak panjang, karena rawan juga apabila IPA Semelagi mengalami gangguan,” ungkapnya.

Terlebih IPA Semelagi saat ini masih dalam perbaikan, lantaran ada gangguan pipa yang terangkat. Hal itu dikarenakan pemasangan pondasi saat itu berada di lahan gambut. "Jadi petugas kita sedang melakukan perbaikan, dan mudah-mudahan bisa segera selesai," katanya.

Kalau memang tidak ada gangguan IPA Semelagi, maka pendistribusian air bersih bisa 24 jam. "Kita harapkan semua IPA tidak ada gangguan, sehingga pelayanan air bersih ke masyarakat bisa dapat dilaksanakan dengan lancar," ujarnya.

Kristina memastikjan, bekerja keras dalam melayani air bersih bagi masyarakat. "Mari kita bergandengan tangan, bekerja keras dan bekerjasama dalam rangka meningkatkan kinerja PDAM,” katanya.

Saat ini, kata dia, dengan motto “Yakinkan Kita Mampu Untuk Melakukan Perubahan PDAM Menjadi Lebih Baik” dibutuhkan kekompakan dan kerja sama karyawan PDAM meski dengan berbagai tantangan dan halangan yang dihadapi PDAM itu sendiri. 

DPRD Kota Singkawang berharap pasokan air minum oleh PDAM Gunung Poteng Singkawang ke pelanggan tetap berjalan dengan normal meskipun saat ini sedang musim kemarau.

"Bukan justru sebaliknya, karena pada musim seperti inilah warga sangat membutuhkan pasokan air bersih. Oleh karena itu, kita harapkan kinerja PDAM tetap maksimal meskipun cuaca kemarau," kata Ketua DPRD Singkawang, Sujianto.

Apalagi, PDAM Gunung Poteng Singkawang sudah ditopang dengan anggaran yang cukup besar sehingga diharapkan pelayanan air bersih ke masyarakat bisa lebih maksimal.

"Jangan pula sewaktu musim kemarau ini PDAM juga ikut kering," ujarnya.

Namun, dia juga tidak menampik bahwa kinerja PDAM Gunung Poteng saat ini sudah lebih baik dikarenakan setiap hari pasokan air sudah cukup memadai kecuali hari Minggu.

"Kalau di Kelurahan Tengah saya lihat sudah baik. Air tetap mengalir meskipun cuaca kemarau," ungkapnya.

Namun dia juga perlu memastikan apakah di kelurahan lainnya tetap merasakan pasokan air bersih dari PDAM di musim kemarau sekarang ini.

"Seperti Kelurahan Kuala maupun Kelurahan-Kelurahan lainnya, harusnya sudah juga ikut merasakan air bersih dari PDAM," pintanya.

Dia juga meminta agar PDAM Singkawang proaktif memetakan wilayah yang rawan dengan kekeringan selain pelanggan PDAM.

"Minimal kalau mendesak dan memang kekeringan sudah akut bisalah dibantu dengan pasokan air bersih menggunakan armada PDAM yang ada," pintanya.

Karena bagaimanapun,  tambahnya, kondisi saat ini memang ekstrim. "Belum ada curah hujan yang dapat membantu warga untuk memenuhi persediaan air bersih," ungkapnya.

Oleh sebab itu,  dia berharap, pasokan air bersih ke warga bisa terus berjalan sehingga tidak kekurangan pasokan air.

Tingkatkan Etos Kerja

Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan meminta PDAM Singkawang meningkatkan etos kerja dalam pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Saat ini sarana dan prasarana PDAM baik intake dan IPA sudah memadai. Ini harus menjadi perhatian serius PDAM Gunung Poteng Singkawang untuk bisa meningkatkan kinerja yang profesional dalam memberikan layanan air bersih," kata Irwan.

Ia juga menyarankan agar manajeman PDAM Gunung Poteng melakukan layanan jemput bola ke warga agar bisa mendapat layanan air bersih. "Jadi cakupan warga yang masih terlayani sekitar 30-40 persen bisa ditingkatkan lagi," pintanya.

Irwan juga mengingatkan agar seluruh dewan direksi berikut jajarannya kompak dan disiplin dalam bekerja. "Bekerjalah sesuai tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Apalagi pelayanan PDAM ini langsung menyentuh ke masyarakat,” harapnya. (rud/ang)