Bawaslu Imbau Parpol Tidak Kampanye di Luar Jadwal

Singkawang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 337

Bawaslu Imbau Parpol Tidak Kampanye di Luar Jadwal
Singkawang, SP - Ketua Bawaslu Kota Singkawang, Zulita meminta partai politik mematuhi aturan jadwal kampanye. Bawaslu mengingatkan partai politik agar tidak berkampanye di luar jadwal.

“Larangan-larangan dalam kampanye sudah ada dalam undang-undang dan peraturan KPU. Sehingga kami akan selalu mengawasi jalannya kampanye di lapangan,” kata Zulita, Senin (12/11).

Bawaslu, kata Zulita akan selalu melakukan pecegahan pelanggaran kampanye. Diantaranya dengan melakukan sosialisasi maupun imbauan kepada peserta pemilu.

Jika peserta melakukan tindakan yang diduga melanggar Bawaslu akan melakukan penindakan. Bawaslu memiliki kewenangan untuk melakkan sidang pelanggaran administrasi.

Sedangkan dugaan pelanggaran pidana selama pemilu akan ditangani Sentra Penegakan Hukum yang melibatkan Bawaslu, polisi, dan kejaksaan.

“Jadi jangan main-main. Apalagi ada calon yang coba-coba melakukan politik uang,” ungkapnya.

Peserta pemilu diberikan kesempatan kampanye dalam waktu yang cukup panjang sekitar 7 bulan. Kampanye sudah dimulai dari 23 September 2018 sampai 13 April 2019.

“Dari 14 sampai 17 April 2019 memasuki masa tenang. Terkait dengan masa tenang ini, saya harapkan sudah tidak ada lagi atribut kampanye maupun kegiatan kampanye dalam bentuk apapun,” kata Ketua Bawaslu Kota Singkawang, Zulita.

Dia menghimbau peserta pemilu menertibkan sendiri alat peraga kampanye jika sudah memasuki masa tenang. “Lebih baik menertibkan sendiri, ketimbang ditertibkan Bawaslu dan Satpol P.” (rud)