q Suara Pemred − Sintang Targetkan 5 Besar Festival Budaya Melayu

Sintang Targetkan 5 Besar Festival Budaya Melayu

Sintang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 170

Sintang Targetkan 5 Besar Festival Budaya Melayu
Sintang, SP -  Bupati Sintang, Jarot Winarno melepas 200 peserta Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) tingkat Kalimantan Barat di Sekadau, 5-10 November 2018.

Dalam arahannya Jarot mengatakan, ini kali kedua melepas kontingen Sintang untuk ikut FSBM. Sebelumnya tahun 2016 saat Singkawang menjadi tuan rumah.

“Tahun 2018 ini kita harus mengubah strategi dalam kegiatan perlombaan yang dilaksanakan daripada tahun sebelumnya agar hasilnya lebih baik,” kata Jarot, Jumat (2/11).

Jarot mengatakan, FSBM adalah kegiatan untuk melestarikan seni dan budaya Melayu. Ini juga ikhtiar untuk memberikan laman bermain bagi masyarakat Melayu di Kalbar. “Dengan demikian kita dapat memahami seni dan budaya Melayu, serta ikut serta dalam melestarikannya. Agar tidak hilang dan tetap eksis di jaman sekarang,” katanya.

Bupati memberikan apresiasi karena Sintang banyak mengirimkan peserta. Apalagi telah berhasil membawa generasi muda untuk ikut berpartisipasi dan berkarya pada kegiatan tersebut.

“Generasi muda inilah yang akan menjadi pelopor dalam hal melestarikan adat seni dan budaya kita.” Diharapkannya juga kegiatan ini dapat menjadi ajang menimba ilmu tentang seni dan budaya Melayu. Bupati mematok target masuk 5 besar pada perolehan juara.  

“Sebenarnya waktu di Singkawang kita sudah bagus. Hanya ada kesalahan teknis. Kita harapkan di Sekadau bisa lebih baik,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPD Masyarakat Adat Budaya Melayu Sintang, Ade Kartawidjaya, bahwa untuk di Sekadau ini bisa lebih baik dari Singkawang. Paling tidak dari beberapa cabang perlombaan yang menjadi andalan kontingen Sintang menjadi juara. 

“Target kita minimal masuk 7 sampai 8 besar itu sudah alhamdulillah. Tapi kalau bisa lebih baik lagi, malah bagus,” kata Ade Kartawidjaya.

Ketua Panitia FSBM Sintang mengatakan, sampai dengan hari ini persiapan sudah 99 persen, tinggal menunggu keberangkatan setelah pelepasan dari bupati. “Nanti setiap tangkai akan kita berangkatkan secara bertahap sesuai jadwalnya masing-masing,” ujarnya.

Total keseluruhan ada 17 tangkai perlombaan. Kabupaten Sintang akan mengikuti 15 perlombaan. Sedangkan dua tangkai yang tak diikuti yakni upacara adat dan berbalas pantun.

“Berdasarkan pengalaman kita dari kegiatan sebelumnya, tangkai andalan yang bisa meraih prestasi yakni vocal group, lagu melayu, kemudian bujang dare. Kita harapkan di Sekadau bisa lebih baik dan banyak yang berprestasi. Minimal masuk 5 besar.” (saiful fuat)