q Suara Pemred − Sintang Juara I Pawai Budaya FSBM XII

Sintang Juara I Pawai Budaya FSBM XII

Sintang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 94

Sintang Juara I Pawai Budaya FSBM XII
Sintang, SP -  Kabupetan Sintang meraih juara pertama lomba pawai budaya Festival Seni Budaya Melayu Kalimantan Barat XII. Pawai budaya diselenggarakan di Kabupaten Sekadau, Senin (5/11) dengan titik berangkat di Mapolres Sekadau dan berakhir di Lapangan Sepakbola El Juntu.  

Pawai budaya dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan roda empat dan berjalan kaki. Kabupaten Sintang mengusung tema Burung Garuda dengan hiasan kubah masjid yang dikolaborasikan dengan warna khas melayu hijau dan kuning.   Kontingen Kabupaten Sintang berjalan kaki di belakang kendaraan tersebut mengenakan pakaian khas melayu telok belanga dan baju kurung.  

Koordinator pawai budaya Masyarakat Adat Budaya Melayu Kabupaten Sintang, Mardiansyah menjelaskan persiapan membuat mobil hias untuk ikut dalam pawai budaya dilakukan selama satu bulan.  

“Persiapan kami hampir satu bulan lebih. Butuh waktu lama untuk desain properti dan menyesuaikan jam kerja kawan-kawan tim pembuat. Penggarapan oleh rekan-rekan bekerja hari jumat, sabtu, dan minggu,” kata Mardiansyah.   

Konsep pawai budaya Kabupaten Sintang adalah Burung Garuda dan tepak sirih. “Kita ingin menyampaikan bahwa Sintang memiliki cerita sejarah cikal bakal lambang NKRI. Burung Garuda ini selalu kita tampilkan dalam kegiatan-kegiatan besar. Untuk tepak sirih sendiri adalah simbol atau wadah dimana para puak-puak melayu bisa bersatu dan berkumpul untuk mencapai sebuah mufakat.”   

Koordinator seluruh kegiatan H Junaidi mengatakan bahwa tangkai pawai budaya sejak awal optimistus menang. “Jadi dari sisi pawai budaya kita dari awal sudah optimistis untuk menang. Alhamdulillah akhirnya mendapatkan juara pertama dalam pawai budaya ini.” (hms/pul)