Silau Mata di Sail Karimata (2)

Wisata

Editor Kiwi Dibaca : 841

Silau Mata di Sail Karimata (2)
aktivitas nelayan di pulau karimata
Secara geografis, Kepulauan Karimata berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Gugusannya terdiri dari dua pulau besar yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta beberapa pulau kecil nan memesona, di antaranya Pulau Kelumpang, Buluh, Belian, Busung, Segunung, Genting, Serungganing dan Pulau Kera.  

Untuk memulai akses menuju Pulau Karimata, pelancong bisa memulainya dari Ibukota Kabupaten Kayong Utara, yakni Kecamatan Sukadana. Dari ibukota Pontianak untuk ke Sukadana, ada dua moda transportasi yang dipilih.

Untuk jalur udara, pelancong bisa melalui Bandara Supadio Pontianak menuju Bandara Rahadi Oesman Ketapang dan diteruskan menggunakan kendaraan darat selama 2 jam sudah dapat mencapai ke Kota Sukadana. Bila menggunakan jalur air, jasa transportasi speedboad, setiap hari melayani pelayaran dari Dermaga Kapuas Indah Pontianak, menuju Sukadana selama 6 jam atau melalui dermaga Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya, menuju Kayong Utara selama 4 jam perjalanan air.

Itu baru ke Sukadana. Dari situ, untuk menuju Pulau Karimata,  perjalanan dilanjutkan menggunakan jalur laut dengan perahu motor. Untuk menyewa motor air milik nelayan, pelancong bis amerogoh kocek sekitar lma jutaan rupiah, dengan lama perjalanana mencapai 11 jaman.

“Kalau ingin murah, pelancong harus kolektif dan menggunakan cara membayar patungan,” tutur Bule, warga Sukadana. (TIM REDAKSI)



Komentar