Advertorial post authorBob 23 September 2020 49

Honda Bersiap Rilis Forza Baru, Punya Kapasitas Mesin Lebih Besar

Photo of Honda Bersiap Rilis Forza Baru, Punya Kapasitas Mesin Lebih Besar Honda Bersiap Rilis Forza Baru, Punya Kapasitas Mesin Lebih Besar

PT Astra Honda Motor (AHM), bersiap meluncurkan Forza terbaru. Hal itu terkuat setelah pabrikan Jepang merilis video teaser yang kemungkinan mengarah ke skuter sport berkapasitas besar. Berdasarkan keterangan dalam video, produk baru itu dirilis secara resmi pada 14 Oktober 2020.

Video teaser yang tersiar memang tidak menunjukkan banyak hal. Hanya berupa detail siluet dan bayangan. Dalam video 15 detik itu juga memamerkan beberapa bidikan close-up yang tampak seperti casing mesin dan beberapa elemen kerangka skuter.

Dari beberapa bagian yang terlihat, bisa disimpulkan kalau Skutik premium Honda ini, mengalami pembaruan. Mengusung tagline "The Forza Family is Getting Bigger," diprediksi Honda Forza mengusung jantung mekanis yang lebih besar. Saat ini yang ada di pasaran yakni berkapasitas 125 cc, 250 cc dan 350 cc.

Dari rumor yang beredar, kabarnya generasi baru Honda Forza menggedong mesin dengan kubikasi lebih besar, yakni sekitar 500 cc. Dapur pacu itu dihadirkan untuk menyaingi Yamaha T-Max. Ada pula spekulasi yang menyebutkan kalau pihaknya memperluas portofolio skuter premium dengan melahirkan jantung pacu 750 cc. Itu berarti sama dengan X-ADV yang ada saat ini atau sebagai pengganti Integra NC750 yang dijual di Eropa.

Jika sama dengan X-ADV, itu berarti dirinya dilengkapi mesin 745 cc, liquid-cooled, SOHC, 8-valve, dengan konfigurasi parallel twin-cylinder. Jantung mekanisnya itu dipercaya mampu menghasilkan tenaga sebesar 54 hp pada 6.250 rpm dan torsi puncak mencapai 68 Nm pada 4.750 rpm.

Untuk fiturnya bisa saja serupa, seperti G Switch yang bisa mengeluarkan torsi langsung ditransfer ke roda belakang agar karakter mesin lebih responsif. Besar kemungkinan juga dilengkapi mode berkendara manual dan otomatis untuk perpindahan gigi dengan sistem transmisi Multi Dual Clutch Transmission (DCT).

Sistemnya itu terdiri dari dua mode yaitu mode Drive (D) yang merupakan aplikasi pemilihan rasio gigi yang lebih rendah untuk akselerasi yang lebih cepat, dan cocok digunakan untuk berkendara di kondisi perkotaan. Dan mode Sport (S) lebih sporty dengan perpindahan gigi pada kecepatan yang lebih tinggi. Serta mode S yang memiliki 3 mode tambahan, yaitu standard, sport 1, dan sport 2 untuk memberikan gaya berkendara yang lebih sporty.

Fitur lain yang mungkin ditawarkan yakni ABS 2 saluran, smart key Honda dengan pengontrol cerdas, dan HSTC (Honda Selectable Torque Control). Untuk menunjang kenyamanan berkendara, pastinya disematkan In-Console USB Charger dan Bottle Holder. Tak lupa juga srea kokpit dengan kombinasi teknologi analog dan digital. Tapi kalau memang ia sebagai pendatang baru, tidak salah juga jika Honda mencangkokkan panel instrumen full digital.

Jika memang Forza 750 baru, diharapkan masih mengadopsi garis-garis bodi yang sporty, detail agresif, dan profil skuter maxi ukuran besar seperti era Honda Silverwing. Meski masih menjadi misteri, banyak yang beranggapan kalau unit anyar nanti tetap mempertahankan kesan premium nan elegan.

Untuk diketahui, beberapa bulan lalu, Honda merilis Forza 350 dengan mesin 329 cc di Thailand. Tidak hanya mesin, skutik premium itu juga dibalut dengan teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+). Mampu menghasilkan tenaga yang superior, dengan performa tinggi namun dengan bodi aerodinamis yang sporty dan mewah.

Windshieldnya bisa diatur secara elektrik naik turun hingga 150 mm. Sistem pencahayaan sudah full LED dengan stop lamp berteknologi Emergency Stop Signal (ESS). Ada pula Port USB yang berada di laci depan yang berukuran cukup besar sekaligus bisa sebagai holder botol minum.

Fungsi modern lainnya adalah area kokpit digital, kunci pintar dengan fungsi mencari sepeda motor, rem ABS depan dan belakang, serta bagasi luas yang mampu menampung dua helm. (mul)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda