Bengkayang post authorBob 01 Desember 2020

Wujudkan Budaya Gotong-Royong Antar Warga, Koramil Samalantan Kerja Bhakti Bersihkan Sungai Cegah Banjir

Photo of Wujudkan Budaya Gotong-Royong Antar Warga, Koramil Samalantan Kerja Bhakti Bersihkan Sungai Cegah Banjir BERSIHKAN - Koramil 1202-06/Salamantan melaksanakan kerja bhakti pembersihan Sungai Sirian Tapian Bua di Desa Bukit Serayan, Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang bersama dengan masyarakat. Ist

Mencegah terjadinya banjir, Koramil 1202-06/Salamantan melaksanakan kerja bhakti pembersihan Sungai Sirian Tapian Bua di Desa Bukit Serayan, Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang bersama dengan masyarakat.

Serda Rustam dan 4 personel Babinsa lainnya bergotong royong dengan warga membersihkan jembatan dan kanan kiri Sungai Sirian Tapian Bua. Hal ini dilakukan agar aliran sungai mengalir lancar. Mereka bahu-membahu bersama warga, agar tercipta kebersihan.

Serda Rustam saat di lokasi mengatakan aksi bersih-bersih aliran sungai ini untuk mengantisipasi terjadi banjir pada musim penghujan. Apalagi, saat hujan deras, air sungai sering meluap ke pemukiman warga. Penyebabnya, banyak sampah dan tumbuhan yang mengakibatkan pendangkalan di sungai.

"Dengan gotong royong ini, desa yang berada di sekitar sungai nantinya tidak akan kebanjiran lagi saat hujan. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sungai," imbau Rustam.

Di tempat terpisah, Pjs. Danramil Samalantan Peltu Agung mengatakan, kegiatan yang dilakukan Babinsa Bukit Serayan tersebut merupakan salah satu fungsi Babinsa, pembersihan aliran sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan.

Kepala Desa Bukit Serayan Resmy menyampaikan ucapan terima kasih pada Babinsa yang telah mempelopori masyarakat untuk membersihkan lingkungan. Dengan adanya kerja sama dan gotong-royong antar warga dengan jajaran TNI, maka diharapkan bisa menjadi cara terbaik mengatasi berbagai masalah.

"Kami selaku Pemerintah Desa mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai. Ini demi kenyamanan kita bersama," imbau Resmy senada dengan Babinsa. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda