Bengkayang post authorKiwi 02 Maret 2021 78

Kampung Asimilasi Rutan Kelas II B Bengkayang di Resmikan

Photo of Kampung Asimilasi Rutan Kelas II B Bengkayang di Resmikan Suprobowati meresmikan Kampung Asimilasi pada Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) kelas IIB Bengkayang

BENGKAYANG, SP - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Suprobowati meresmikan Kampung Asimilasi pada Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) kelas IIB Bengkayang, kemarin pagi. Kegiatan Peresmian tersebut turut dihadiri oleh Kapala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Lola Basan Baran dan Kemanan Surianto, Kepala Sub Bidang Pembimbingan dan Teknologo Informasi La Ode Muhamad Masrul dan seluruh petugas pada Rutan Kelas IIB Bengkayang.

Setelah meresmikan kampung asimilasi, Suprobowati mengatakan bahwa adanya kampung asimilasi sekaligus menjadi terobosan yang sangat bagus dari Rutan Bengkayang. Khususnya dalam memanfaatkan lahan kosong untuk pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Kampung asimilasi ini terobosan yang bagus, dalam masa pandemic seperti ini perlu adanya inovasi sehingga pembinaan tetap berjalan dengan baik. Memanfaatkan lahan kosong untuk diolah dan ditanami berbagai macam sayuran dan memberikan keterampilan WBP terkait perkebunan, sehingga setelah bebas dapat bermanfaat dimasyarakat,” ujar wanita yang karib disapa Probo tersebut.

Dirinya juga berharap agar kedepan Rutan Bengkayang dapat terus berinovasi dalam hal pembinaan WBP, tidak hanya kampung asimilasi saja. Kedepan dia juga berharap besar agar Rutan Bengkayang dapat berinovasi lagi baik program pembinaan ataupun pelayanan terhadap WBP.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang, Chandra Wiharto mengatakan pihaknya berupaya memanfaatkan lahan tidur yang ada di lingkungnnya agar bermanfaat dan lahirlah Kampung Asimilasi.

“Kami memanfaatkan lahan kosong seluas 500m2 untuk pertanian yang lokasinya ada di belakang Rutan. Sebenarnya ada 1,5 hektar lahan kosong tapi baru 500m2 yang diolah. Awalnya bekerja sama dengan dinas pertanian kita dapat bantuan bibit jagung dan sekarang sudah berkembang dengan menanam berbagai sayuran seperti cabai, terong, tomat, timun dan lainnya,”ucap Chandra.

Menurut Chandra pihaknya telah beberapakali melakukan panen hasil kampung Asimilasi ini, Kedepan pihaknya memiliki target untuk menjalin kerjasama dengan dinas pertenakan Kabupaten Bengkayang untuk membuat peternakan.

“Kedepan kami akan berusaha menggandeng Dinas Peternakan untuk potensi membuat peternakan kambing dan ayam. Mengingat lahan yang kita punya masih cukup luas, semoga dapat terealisasi dengan baik,” tutup Kepala Rutan Bengkayang.

Sebagai informasi, setelah melakukan peresmian Kepala Divisi Pemasyarakatan beserta rombongan juga melakukan peninjauan dan memanen beberapa sayuran yang ada di Kampung Asimilasi. (Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda