Bengkayang post authorKiwi 06 April 2021

Launching Desa Bersinar, Bupati Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

Photo of Launching Desa Bersinar, Bupati Ajak Masyarakat Perangi Narkoba Bupati Bengkayang menandatangani peresmian desa bersinar, bersih dari narkoba di Desa Setia Budi.

BENGKAYANG, SP - Bupati Bengkayang hari ini, Selasa (6/4) meresmikan desa bersinar atau Bersih dari Narkoba di Desa Setia Budi.

Kepala BNNK Bengkayang, Wahyu Kurniawan, menyampaikan terkait dengan acara launching desa bersinar hari ini dengan situasi darurat narkotika terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika terkhususnya di kabupaten Bengkayang. Ia menyatakan, BNN bersama Polri, TNI, dan Bea cukai, imigrasi, pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya serta seluruh komponen masyarakat harus mampu bersinergi dan bersama-sama mengambil langkah strategis untuk mengatasi Narkotika.

"Penanganan Narkoba ini memang harus dilaksanakan secara komprehensif dan berkesinambungan dalam hal pencegahan. BNN telah melaksanakan berbagai terobosan dan inovasi antara lain yang dilakukan yaitu pemeriksaan urin, penyuluhan narkotika dan membentuk spesifikasi lingkungan masyarakat," ucapnya.

Wahyu mengajak seluruh masyarakat bersama-sama untuk menerangi peredaran narkoba sedari dini. Pemerintah juga berfokus pada kesejahteraan masyarakat desa. Ja berharap dengan adanya desa bersinar setiap desanya akan dijauhkan dari peredaran gelap narkoba.
"ayo Bersama-sama kita perangi narkotika dengan segala upaya dan daya demi masa depan anak-anak generasi emas bangsa Indonesia," ajaknya.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis menjelaskan, Desa bersih narkoba merupakan salah satu bukti komitmen serius dari pemerintah daerah dan pusat dalam memerangi Peredaran Narkoba.

"Harapnya dengan adanya acara Launching Desa Bersinar dapat menghasilkan prestasi yang kreatif dan inovatif tetapi juga harus hidup bebas dari narkoba, hidup 100 persen sadar sehat produktif dan bahagia tanpa narkoba," tuturnya.

Ia juga menerangkan, Bengkayang secara geografis menjadi daerah yang sangat rawan beredarnya narkoba. Terutama pintu masuk perbatasan yang saat ini masih belum resmi. Selain narkoba, Bengkayang juga menjadi sangat strategis keluar masuknya tindakan radikalisme, terorisme, sehingga butuh kerjasama semua pihak dalam memerangi hal tersebut.

"Jujur saya katakan, bahwa Kabupaten Bengkayang boleh dikatakan menjadi tempat-tempat strategis untuk keluar masuknya Radikalisme, Terorisme dan Narkoba, untuk itu kepada masyarakat ayo kita lawan bersama," bebernya.

Darwis mengucapkan terima skasih kepada BNNK yang telah mencanangkan desa Setia Budi menjadi Desa Bersinar bebas dari Narkoba. Selanjutnya Bupati Bengkayang, dan Kepala BNNK kabupaten Bengkayang, Wakil Ketua DPRD kabupaten Bengkayang, Perwakilan dari Kapolres Bengkayang dan Perwakilan Dari Dandim Bengkayang untuk Penandataganan Prasasti dan komitmen Bersama Desa Bersinar bersih dari Narkoba. (Ril/Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda