Bengkayang post authorKiwi 11 Februari 2024

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Bengkayang Perkuat Pengawasan di Masa Tenang

Photo of Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Bengkayang Perkuat Pengawasan di Masa Tenang

Bengkayang,SP- H-3 pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkayang memperkuat pengawasan di masa tenang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkayang, Santi menyatakan, Bawaslu telah membuat imbauan ke partai politik sebelum masa tenang, dan juga menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) caleg.

Kemudian kata Santi, Bawaslu juga membuka posko pengaduan untuk masyarakat, bila ada ditemukan pelanggaran pemilu seperti praktek politik uang, dan pelanggaran lainnya.

"Bawaslu Bengkayang juga telah melaksanakan apel siaga pada 10 Februari, dan setelah apel dilanjutkan menertibkan APK di jalan Sanggau Ledo sampai simpang rumah sakit," ucap Santi.

Besok Senin (12/2) sambung Santi, akan melanjutkan penertiban APK bersama Pol PP, kepolisian, TNI dan panwas kecamatan di wilayah Bengkayang.

"Untuk kecamatan yang ada di kabupaten telah melaksanakan penertiban APK di kecamatan masing-masing bersama stakeholders di kecamatan. Selain penertiban APK, tentu Bawaslu piket dalam pengawsan logistik serta piket internal di kantor," ujarnya.

Lebih jauh Srikandi Bawaslu ini menjelaskan, hingga hari terakhir kampanye tidak ditemukan adanya pelanggaran pemilu dalam pengawasan selama masa kampanye para caleg.
"Terkait pengawasan kampanye sampai hari ini belum ditemukan pelanggaran," tuturnya.

Santi menyatakan, ada hal yang ditemukan namun terlambat keluar Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP). "Ada hal yang ditemukan hanya terlambat keluar STTP saja atau belum disampaikan ke kami. Akan tetapi setelah di komunikasikan ternyata sudah ada STTPnya," ucap Santi.

Selebihnya kata Santi, tidak ada pelanggaran yang dilaporkan atau ditemukan di Bengkayang.


Sementara itu, anggota Bawaslu Provinsi Kalbar, Yosef Harry Suyadi meminta setiap Bawaslu memperketat pengawasan di masa tenang, termasuk Bawaslu Bengkayang. Mengingat, di masa tenang sampai hari pemungutan dan penghitungan suara berpotensi terjadinya pelanggaran pemilu.

"Potensi tersebut bisa saja terjadi, oleh karena itu kita Bawaslu jajaran juga sudah melakukan inventarisasi kerawanan dan mengindentifikasi potensi masalah, sehingga dengan begitu kita harap tidak ada pelanggaran ataupun temuan yang didapatkan, sehingga proses dalam pemilu kita berjalan dengan lancar dan kondusif," ucap Harry.

Penguatan pengawasan juga sangat penting di hari pemilihan, karena hal tersebut termasuk dalam tahapan krusial dan riskan di TPS.

Meskipun selama ini, proses demokrasi di Bengkayang berjalan dengan baik dan lancar. "Untuk mengantisipasi hal tersebut tetap kita lakukan pemetaan. Dan berkaca dari pemilu sebelumnya, bukan tak mungkin pelanggaran pemilu terjadi, seperti politik uang, ujaran kebencian yang potensi terjadi di masa tenang," kata Harry yang pernah menjadi anggota Bawaslu Kabupaten Bengkayang ini.

Selain itu, kerawan yang bisa terjadi hak suara dari pemilih yang tak terdaftar atau yang tak memiliki hak pilih ( belum cukup usia), dan juga logistik pemilu yang tak sampai TPS.

"Untuk cegah itu semua memang perlu pengawasan yang lebih ketat, latroli masa tenang cegah politik uang, ujaran kebencian atau berita bohong uang menyesatkan kepemiluan ," pungkasnya. (Nar).
.

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda