Bengkayang post authorKiwi 13 Juli 2020 38

KPU Bengkayang: Perekrutan PPDP Sesuai Aturan, Lewat Usia 50 Tahun Akan Diganti

Photo of KPU Bengkayang: Perekrutan PPDP Sesuai Aturan, Lewat Usia 50 Tahun Akan Diganti Ilustrasi

BENGKAYANG, SP - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkayang, Musa Jairani memastikan pihaknya mengikuti Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19 yang terbit pada 7 Juli 2020. Aturan ini mengatur batas maksimal usia Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) maksimal usia 50 tahun di daerah yang menggelar pemilihan umum daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

"KPU Bengkayang dalam merekrut PPDP memperhatikan ketentuan bahwa PPDP harus berusia minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun. Begitu juga ke depan, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tidak boleh berusia di atas 50 tahun," kata Musa saat dihubungi Suara Pemred, Minggu (12/7).

Musa menyebutkan PPDP di Bengkayang saat ini yang sudah ditetapkan sebanyak 720 orang sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) hasil pemetaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019 ditambah pemilih DP4 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Total PPDP 720 orang dan total KPPS sebanyak 5.040, dan Linmas 1.440 orang. Jadi total ada 7.200 petugas," katanya.

Terkait jaminan kesehatan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada akan menjalankan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Untuk Alat Pelindung Diri (APD) dan berkaitan fasilitas kesehatan untuk Pilkada 2020, anggarannya sudah disiapkan melalui APBN sebesar Rp2, 47 miliar," katanya.

Untuk menjamin kesehatan petugas kesehatan, langkah pertama yang diambil KPU Bengkayang memastikan penyelenggaranya bebas dari Covid-19 dengan melakukan tes cepat terhadap seluruh jajaran penyelenggara.

"Sehingga pemilih, peserta pemilu dan masyarakat secara umum tidak perlu takut untuk bertemu atau berhadapan dengan penyelenggara. Prinsipnya, sukses pelaksanaan Pilkada, sukses juga pencegahan penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Musa juga menjelaskan dalam waktu dekat, KPU Bengkayang akan ada melalakukan pendandatangan bersama Dinas Kesehatan Bengkayang dalam rangka kerja sama menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020 di Bengkayang.

Musa juga mengajak mengajak semua pihak untuk bersama menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 di Bengkayang.

"Mari bersama kita sukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. Jadikan Pilkada ini berkualitas," kata dia.

Sebelumnya Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan batasan usia minimal dan maksimal bagi petugas KPPS di Pilkada Serentak 2020 berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan. Berkenaan dengan pandemi virus corona (Covid-19).

"Usia maksimal itu rekomendasi dari Kemenkes dan Gugus Tugas, karena Covid-19 memiliki dampak lebih berat terhadap usia lebih tua," kata Pramono. (nar/jee)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda