Bengkayang post authorKiwi 13 April 2021

Bupati Minta Organisasi Kepemudaan Dapat Membuat Aksi Nyata di Masyarakat

Photo of Bupati Minta Organisasi Kepemudaan Dapat Membuat Aksi Nyata di Masyarakat Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis

BENGKAYANG, SP- Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis meminta agar organisasi kepemudaan di Bengkayang dapat melakukan terobosan atau aksi nyata. Aksi tersebut bisa berupa edukasi dan motivasi kepada kaum muda untuk bisa mengambil peluang usaha diberbagai sektor.

Bupati harap, peran pemuda melalui organisasi kepemudaan yang ada di kabupaten Bengkayang bisa membantu pemerintah dalam memajukan daerah. Sehingga organisasi kepemudaan tidak hanya sekedar seremonial semata.

Menurut Darwis, banyak pemuda Bengkayang memiliki kreativitas dan potensi hanya saja belum disalurkan dengan maksimal. Ia juga meminta agar pemuda lebih kreatif dan inovatif, tidak hanya berpangku pada pemerintah tetapi lebih mandiri dan ideologi.

"Kita minta kepada organisasi kepemudaan, seperti KNPI, Karang Taruna, dan organisasi lainnya untuk bisa melakukan aksi nyata. Tidaknya serimonial saja," ucapnya, usai melakukan Audensi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan KNPI, Selasa pagi di ruang rapat Bupati.

Bupati juga berharap, Pemuda dapat mengembangkan diri sebagai enterpreneur dan bekerjasama dengan OPD terkait, UMKM dan desa untuk memuat kreativitas.

"Anak-anak kita punya potensi itu, hanya saja tidak pernah digali. Saya beri contoh, BumDes di desa Pasti Jaya masuk 10 terbaik tingkat Kemendagri. Itu anak muda semua, termasuklah yang mengurus BumDes di Jugan," paparnya.

Bupati kembali meminta kepada organisasi terutama KNPI untuk bisa melakukan aksi nyata, dan menjadi mitra pemerintah dalam mendorong dan memberikan motivasi kepada pemuda untuk dapat berkreativitas dalam semua sektor. Ia juga menekankan, agar pemuda tidak malu dan gengsi bergelut dalam pekerjaan (bertani dan berkebun).

"Sektor yang paling banyak kita ini kan ada di pertanian dan perkebunan. Kita perlu dorong itu, untuk memberikan edukasi bahwa menjadi petani bukan sebuah pekerjaan yang hina. Kita harap bisa berkontribusi disana untuk membangun daerah ini," pungkasnya.

Menyambut baik pernyataan Bupati tersebut, Ketua KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) kabupaten Bengkayang, Albert Pandur Sae Pudaba mengatakan bahwa, kedepan dalam rapat kerja akan dibahas apa saja program kerja yang akan dilakukan. Terutama dalam membina pemuda yang ada di Bengkayang. Aksi nyata terhadap kata Pandur, akan diselaraskan dengan program Bupati.

"Kita memang merencanakan akan rapat kerja daerah pertama, dalam rapat itu nanti kita akan membahasnya bersama program apa saja yang akan kita lakukan kedepan. Sehingga program kerja kita juga akan searah dengan visi misi Bupati," ucap Pandur.

Pandur berharap, program kerja KNPI kedepan tentu dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun kabupaten Bengkayang ini. (Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda