Bengkayang post authorKiwi 13 Juli 2020 98

Polres Bengkayang Gelar Apel Pencegahan Karhutla

Photo of Polres Bengkayang Gelar Apel Pencegahan Karhutla Periksa Peralatan – Kapolres Bengkayang, AKBP NB Darma bersama tamu undangan memeriksa kesiapan peralatan untuk pencegahan Karhutla

BENGKAYANG, SP – Jajaran Polres Bengkayang menggelar apel pergelaran sarana dan prasarana dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Bengkayang, Senin (13/7).

Apel dipimpin oleh Kapolres Bengkayang, AKBP NB Darma dan dihadiri kalangan Pemkab dan Forkopimda Bengkayang dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Bengkayang AKBP NB. Darma mengatakan cuaca kering akibat dampak El Nino di Bengkayang berpotensi mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta gagal panen. Kondisi ini memicu kerawanan pangan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Pada musim kemarau panjang diwilayah Bengkayang menjadi ancaman terjadi Karhutla akibat ulah petani maupun perusahaan perkebunan yang membuka lahan (land clearning) dengan cara membakar.

“Menghadapi Karhutla di Bengkayang perlu kesiapan kesatuan Polres Bengkayang dalam pemahaman, penyamaan presepsi, dan pola tindak menghadapi Karhutla sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan Karhutla,” ucap NB Dharma.

Sebagai ujung tombak, kepolisian kata Dharma berada di tengah masyarakat dengan mengedepankan tiga pilar yakni Bhabinkamtibas, Bhabinsa, dan Kepala Desa/Lurah, agar dapat menangkal dan mencegah terjadinya Karhutla.

Keterbasan pengetahuan dan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan, lanjut dia dapat menimbulkan ekses di tengah masyarakat, diantaranya masyarakat membakar lahan sembarangan yang dapat mengganggu Kamtibmas bagi masyarakat lain dan timbulnya masalah sosial dan tradisi dalam membuka lahan pertanian dan perkebunan.

“Untuk meminimalisir Karhutla di wilayah hukum Polres Bengkayang, maka Polres Bengkayang siap melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi ‘Bina Karuna Kapuas-2020’ dengan sasaran pencegahan dan penegakan hukum terhadap pembakaran/kebakaran hutan dan lahan,” pungkas Dharma.

Diakhir kegiatan juga dilakukan pengecekan sarana pemadam kebakaran hutan dan lahan di halaman Mako Polres Bengkayang. (nar/jee)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda