Bengkayang post authorKiwi 14 Agustus 2020

Pemkab Bengkayang Gladi Bersih Persiapan HUT RI di Perbatasan

Photo of Pemkab Bengkayang Gladi Bersih Persiapan HUT RI di Perbatasan

Bengkayang, SP - Pemerintah Kabupaten Bengkayang tengah mempersiapkan pelaksanaan apel HUT RI yang ke-75 pada 17 Agustus 2020 mendatang. Berbagai persiapan dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Pelaksanaan Apel HUT RI tahun 2020 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peserta apel akan dibatasi, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

"Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 tahun 2020 untuk persiapan-persiapan sudah kita lakukan dan laksanakan dengan sebaik mungkin. Mengenai Pelaksanaan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena di tahun ini kita masih dalam rangka pemulihan pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaan untuk apel HUT nanti akan dibatasi," ungkap Koordinator Pelaksana HUT RI Ke-75 tahun 2020 Kabupaten Bengkayang, Sutrisno, Jumat (14/8).

Pelaksanaan HUT RI tahun 2020 ini sangat berbeda, misalnya soal waktu, dan juga jumlah peserta apel.

"Biasanya, detik-detik proklamasi kita mulai jam 9.30 itu sudah pembacaan detik-detik proklamasi, untuk tahun ini kita ditingkat kabupaten kota jadi jam 7.00 sudah dimulai. Kemudian petugas juga demikian, khusus untuk pengibar bendera hanya tiga orang saja begitu juga pada penurunan bendera. Itupun diambil bukan hasil seleksi tahun 2020, tetapi kita memakai mantan-mantan paskibra tahun 2019," ucap Sutrisno.

Sementara untuk tamu undangan dan peserta apel dibatasi, setiap OPD hanya boleh hadir sembilan orang. Kata Sutrisno hal tersebut untuk memaksimalkan protokal Kesehatan Covid-19.

"Undangan sangat terbatas, hanya forkopimda, anggota dewan dan pimpinan, camat kita bagi dua, ada yang pagi ada yang sore. Untuk dilapangan hanya 140 orang saja," tambah Sutrisno.

Sutrisno menambah kembali, pada tahun biasanya Bengkayang kerap mengadakan event dalam merayakan HUT RI, seperti karnaval, pameran pembangunan dan sebagainya. Semua itu tidak diadakan tahun ini.

Sementara untuk masyarakat yang ingin mengadakan acara menyambut HUT RI ini, dari panitia Kabupaten tidak melarang. Namun dengan catatan tetap mengikuti protokol kesehatan, dengan tetap menjaga jarak. "Jika memang ada masyarakat yang ingin melakukan kegiatan untuk menyemarakkan silahkan, tetapi tetap mengacu pada protokol Kesehatan Covid-19," pungkasnya. (Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda