Bengkayang post authorKiwi 14 September 2020 1,134

Plt. Kadinkes Bengkayang Supervisi Kesiapan Pembukaan Kembali Pelayanan RSU Bethesda Serukam

Photo of Plt. Kadinkes Bengkayang Supervisi Kesiapan Pembukaan Kembali Pelayanan RSU Bethesda Serukam

Bengkayang, SP- Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana kabupaten Bengkayang, Agustinus C beserta staf melakukan supervisi dalam rangka pembinaan mutu penyelenggaraan Rumah Sakit dan pendampingan persiapan pembukaan kembali operasional di RSU Bethesda Serukam, Senin pagi (14/9).

Pembukaan kembali operasional RSU Bethesda Serukam dilakukan secara bertahap, pasca dihentikannya pelayanan sementara pada tanggal 1 September 2020 yang lalu.

Plt. Kadinkes Kabupaten Bengkayang Agustinus C menjelaskan, operasional RSU Bethesda Serukam sempat menghentikan pelayanan saat terjadi kasus Covid-19. Penutupan itu dilakukan demi kepentingan proses pelacakan kontak erat pada kasus pasien konfirmasi positif covid-19 dari RSU Bethesda Serukam.

"Setelah melakukan upaya yang maksimal dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 sesuai pedoman Pemerintah, maka mulai tanggal 14 September 2020, RSU Bethesda Serukam membuka kembali layanan Instalasi Rawat Jalan. Sementara layanan Instalasi Gawat Darurat masih belum dibuka karena proses renovasi yang sedang dikerjakan dan diperkirakan akan selesai pada tanggal 20 September 2020," ucap Agustinus C usai mengunjungi kesiapan pembukaan kembali layanan rumah sakit.

Agustinus C yang didampingi Direktur RSU Bethesda Serukam r. Finish Fernando, Sp. OG memberikan apresiasi atas pelayanan mulia RSU Bethesda Serukam yang terus konsisten bergerak dalam tataran panggilan-Nya, yakni menolong mereka yang lemah.

Agustinus C pun mengajak seluruh masyarakat untuk tidak perlu takut datang berobat ke RSU Bethesda Serukam di era kenormalan baru dengan tetap patuh terhadap protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Sementara itu, Direktur RSU Bethesda Serukam, dr. Finish Fernando, Sp. OG yang mendampingi kunjungan tim Dinkes Bengkayang memaparkan secara lugas upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 di Rumah Sakit. Tindakan cepat yang dilakukan pihak rumah sakit seperti contact tracing, pengendalian infeksi, pembersihan lingkungan/disinfektan, dan komunikasi risiko dengan seluruh stakeholders.

dr. Finish yang baru menjabat Direktur 2 minggu ini juga menyampaikan, RSU Bethesda Serukam bersyukur kepada Tuhan yang telah menyertai melewati masa yang sulit ini dan terus melangkah mengemban misi pelayanan yang telah dipercayakan-Nya, serta berterima kasih kepada para pendukung yang setia.
"Begitu ada kasus kita langsung melakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19, dengan melacak semua orang yang kontak erat dengan pasien, dan membersihkan lingkungan dengan disenfektan," ucap dr. Finish.

Dalam kunjungan Dinkes Bengkayang ini, untuk melihat kesiapan rumah sakit dalam membuka kembali layanan instalasi rawat jalan. Kemudian dilanjutkan peninjauan fasilitas layanan Instalasi Rawat Jalan yang telah disiapkan guna menghadapi pandemi Covid-19, dimulai dari ruang tunggu dan antrian pasien yang sudah dipasang pembatasan jarak, skrining dimulai dari awal pendaftaran untuk memisahkan antara pasien yang berisiko Covid-19 19 dan yang tidak.

"Pengantar atau penunggu pasien juga tidak luput dari proses skrining sebagai alat deteksi dini bagi siapapun yang masuk ke lingkungan RSUB. Untuk staf rumah sakit, yang melakukan tindakan pelayanan kesehatan sendiri telah menggunakan APD standar sesuai mitigasi risiko yang ada," tambah dr. Finish.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kepatuhan penggunaan APD, di beberapa lokasi strategis rumah sakit juga telah dipasang media edukasi berupa stand banner untuk mengingatkan pasien dan pengunjung lainnya untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kegiatan juga diisi dengan peninjauan IGD yang dalam proses renovasi. (Nar)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda