Bengkayang post authorAju 17 November 2021

GMKI Gelar Vansinasi Covid-19 di Kabupaten Landak dan Kabupaten Bengkayang

Photo of GMKI Gelar Vansinasi Covid-19 di Kabupaten Landak dan Kabupaten Bengkayang Tim Vaksinasi Covid-19 GMKI Wilayah IX Kalimantan Barat dan Kodam XII/Tanjungpura di Kabupaten Bengkayang.

PONTIANAK, SP - Kurangnya Ketersediaan vaksin dosis kedua dan tingginya antusias masyarakat, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah XIV Kalimantan Barat salurkan 2000 dosis vaksin di Kabupaten Bengkayang.

GMKI Wilayah XIV Kalimantan Barat bekerjasama dengan Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura serta dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda mengadakan kegiatan vaksinasi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) di Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan Vaksinasi ini dimulai dari tanggal 28 Oktober- 28 November 2021 di 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat secara serentak.

Adapun 5 titik yang menjadi fokus kegiatan vaksinasi yaitu di Kantor Camat Bengkayang, Desa Sebadas,  Desa Sengkabang, SMP 1, SMA 1 Teriak, Gereja PIBI Sejajah Desa Bange Kecamatan Sanggau Ledo, dan Gereja GSPDI Desa Sinar Tebudak Kecamatan Tujuh Belas.

Koordinator Wilayah XIV GMKI Kalimantan Barat, Noven Honarius pada saat turun ke lokasi vaksin menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi diadakan untuk menciptakan kekebalan tubuh dari Virus Covid-19 serta mengejar capaian vaksinasi agar merata di semua daerah, termasuk di Kabupaten Bengkayang.

Ketua GMKI Cabang Bengkayang, Kristen Ret, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pengurus Pusat Koordinator Wilayah XIV Kalbar, Kodam XII/Tanjungpura, Tokoh Gereja, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bengkayang dan pihak lainnya dalam mendukung penuh vaksinasi di Bumi Sebalo sehingga berjalan dengan lancar dan sukses.

Salah satu Koordinator Vaksin, Dino Askari Firnando mengatakan kurangnya stok vaksin covid-19 dosis kedua dan tingginya antusias masyarakat, sehingga kegiatan vaksinasi ini diapresiasi oleh berbagai pihak di Kabupaten Bengkayang.

Berdasarkan Data terkini dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Bengkayang menempati posisi kelima dari 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat.

Rendahnya capaian vaksinasi, GMKI Wilayah XIV Kalimantan Barat distribusikan 5000 dosis di Kabupaten Landak.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021, GMKI Wilayah XIV Kalimantan Barat bekerjasama dengan Kodam XII/TanjungPura mengadakan kegiatan Vaksinasi di Kabupaten Landak.

Ada 10 titik di 7 Kecamatan yang menjadi pusat kegiatan Vaksinasi, dimana untuk setiap titiknya capaian masyarakat yang belum divaksin masih sangat tinggi. Untuk 10 titik terbagi menjadi yaitu Kantor Desa Amboyo Utara, GKSI Pulau Bendu Kecamatan Ngabang, GPPIK Bebatung Kecamatan Mandor, Kantor Desa Semenok Kecamatan Mandor.

Kemudian, aula Berkat Bagi Bangsa Kecamatan Sengah Temila, GBI Jelutung Kecamatan Sengah Temila, STT Berea Ansang Kecamatan Menyuke, Gereja Khatolik Fransiskus Asisi Kecamatan Sompak, Aula Gereja Khatolik Tiang Tanjung Kecamatan Mempawah Hulu, dan Paroki St.Petrus Menjalin.

Maka dari itu GMKI Wilayah XIV Kalimantan Barat tergerak untuk membantu Pemerintah dalam mencapai Herd Imunity agar Indonesia secara umumnya serta Kabupaten Landak secara khususnya terlepas dari Pandemi Covid-19 sehingga roda kehidupan masyarakat kembali normal.

Koordinator Wilayah XIV Kalimantan Barat, Noven Honarius pada saat meninjau kegiatan vaksinasi mengatakan bahwa untuk mencapai target, Pemuda harus menjadi pelopor dan mendukung penuh program Vaksinasi yang diadakan baik oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kota, hingga Pedesaan.

Ketua GMKI Calon Cabang Landak, Aris Santoso mengatakan kegiatan Vaksinasi ini bekerjasama dengan Persekutuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI), tokoh masyarakat, tokoh Gereja, tokoh Pemuda, dan berbagai pihak lainnya.

Saking tingginya antusias masyarakat Kabupaten Landak, sehingga dosis vaksin yang disediakan GMKI tidak mencukupi dan meminta kembali pengadaan vaksinasi.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Landak berada di posisi ke 12 dari 14 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Barat. Hal ini diharapkan dapat terus meningkat juga di daerah lain setelah adanya kegiatan vaksinasi ini.*

Sumber: rilis GMKI Kalimantan Barat

 

Wartawan: Aju

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda