Bengkayang post authorKiwi 19 November 2021

Dinsos Bakal Bangun Shelter Penampung Baper Stok

Photo of Dinsos Bakal Bangun Shelter Penampung Baper Stok Ilustrasi

BENGKAYANG, SP - Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bengkayang, Damianus mengungkapkan, pihaknya kedepan akan menyiapkan gudang atau shelter penampungan baper stok (stok pengaman,red).

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi bencana alam dan non alam yang berpotensi terjadi di Kabupaten Bengkayang.

"Selain itu, hal ini juga kita lakukan untuk mempercepat dan mempermudah distribusi logistik ketika penanganan bencana dilakukan," kata Damianus.

Dirinya menyebut setidaknya Dinas Sosial Kabupaten Bengkayang saat ini memiliki stok 30 ton lebih beras cadangan untuk antisipasi bencana alam di Kabupaten Bengkayang yang dititipkan ke Bulog.

Beras tersebut dititipkan lantaran Kabupaten Bengkayang belum memiliki shelter atau penampungan yang sesuai standar.

“Tahun ini kita sedang persiapkan lahan dan akan kita usulkan realisasi pembangunannya,” ucapnya.

Dikatakan, shelter tersebut tentunya tidak sembarang dibuat. Tidak juga seperti penampungan biasa karena harus melewati perhitungan dan uji yang detail, agar nantinya setiap bahan pangan maupun sebagainya bisa terhindar dari kelapukan, tikus, kutu, serta harus mempunyai sirkulasi udara yang baik.

“Agar kondisi beras yang terbilang cukup banyak tetap terjaga kualitasnya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, shelter atau penampungan baper stok ini sangat penting diwujudkan.

“Karena tentunya yang namanya ditribusi mesti cepat dilakukan, terutama jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” tutupnya. (nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda