Bengkayang post authorKiwi 22 Januari 2021 174

Darwis-Rizal Resmi di Tetapkan Sebagai Bupati dan wakil Bupati Bengkayang

Photo of Darwis-Rizal Resmi di Tetapkan Sebagai Bupati dan wakil Bupati Bengkayang

Bengkayang,SP– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang secara resmi menetapkan pasangan nomor urut 1, Sebastianus Darwisdan Syamsul Rizal sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang terpilih untuk periode 2021-2024. Keputusan tersebut diutarakan oleh Ketua KPU Kabupaten Bengkayang, Musa Jairani saat rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang tahun 2020, yang dihelat di aula terbuka lantai V Kantor Bupati Bengkayang, pada Jumat (22/1) pagi.

“Pada hari ini, Jumat (22/1) pukul 09.15 WIB, KPU Bengkayang telah melaksanakan melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pemilihan serentak di Kabupaten Bengkayang,” jelas Musa kepada awak media.

“Pelaksanaan penetapan ini berlangsung selama kurang lebih satu jam, dengan lancar dan kondusif tanpa ada masalah berarti dan tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan (Covid-19) yang berlaku,” tambahnya.

Musa juga memastikan bahwa untuk penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih juga sudah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

Pertama mengacu pada pasal 54 ayat (1), ayat (2) dan ayat (4) PKPU Nomor 9 tahun 2018 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilihan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati,dan/atau Walikota dan Wakil Walikota sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 19 tahun 2020.

Kedua, Keputusan KPU Kabupaten Bengkayang Nomor 475/PL.02.6-Kpn/6107/KPU-Kab/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang Tahun 2020.

Ketiga, Surat Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Nomor 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 hal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot tahun 2021 yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi.


Keempat, Surat KPU RI Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 tanggal 20 Januari 2021 Perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Dengan demikian, maka rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Bengkayang juga telah menetapkan. Pertama, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilihan Bupati dam Wakil Bupati Bengkayang tahun 2020 yang mendapatkan perolehan suara terbanyak pasangan nomor Urut 1 satu, yakni saudara Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal dengan Perolehan suara sebanyak 44.955 suara atau 38,01 persen dari total suara sah,” terangnya.

Kemudian, lanjut Musa, untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati atas nama Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang terpilih hasil Pemilihan Tahun 2020 Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkayang Nomor : 5/PL.02.7-Kpn/6107/KPU-Kab/I/2021 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang tahun 2020.

“Dengan dilaksanakannya acara hari ini, lebih kurang 16 bulan KPU Bengkayang melaksanakan proses pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan Pilkada tahun 2020,” jelasnya.

Musa juga turut melontarkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang turut andil selama proses pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Bengkayang dilaksanakan. Sehingga pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati bisa terlaksana tanpa ada hambatan serius.

“Terima kasih kepada rekan-rekan KPU dan Sekretariat KPU Bengkayang dan jajaran, Pemerintah Kabupaten Bengkayang, DPRD Kabupaten Bengkayang, Bawaslu Kabupaten Bengkayang dan jajarannya, Pihak TNI dan Polri, Partai Pengusung dan Pendukung, Semua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati serta tim suksesnya. Begitu Kepada Pihak awak media baik elektronik, online dan media Cetak dan semua pihak sehingga proses pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik, aman lancar dan kondusif, semoga ini kedepan terus dapat dipertahankan,” paparnya.

“Kami dari KPU Bengkayang baik.atas nama Pribadi dan Seluruh anggota Komisioner KPU dan jajaran mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama proses pelaksanaan pilkada mulai dari tahapan hingga berakhir pada hari ini,” pungkasnya.


Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bengkayang terpilih, Syamsul Rizal turut mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara khususnya KPU Kabupaten Bengkayang yang menurutnya telah melaksanakan Pilkada 2020 dengan sukses. Hal senada juga dia lontarkan untuk aparat TNI Polri yang turut andil dalam mengamankan guna memastikan perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang berlangsung secara aman, kondusif, dan sukses.

“Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya untuk masyarakat Kabupaten Bengkayang yang mempercayakan suara mereka untuk kami. InsyaAllah, ini akan menjadi amanah bagi kami dari pasangan nomor urut 1 (Darwis-Rizal),” katanya.

Dia juga optimis dapat mengejar target-target yang telah ditetapkan sebelumnya, guna mengejar ketertinggalan Kabupaten Bengkayang dan mensejajarkan dengan Kabupaten lainnya yang ada di Kalimantan Barat.

Seiring dengan selesainya proses pelaksanaan Pilkada 2020 Kabupaten Bengkayang, dia juga ingin mengajak seluruh masyarakat dari berbagai elemen untuk kembali bersatu dan bersama-sama membangun Kabupaten Bengkayang ke arah yang lebih baik kedepannya. Karena menurutnya, tanpa adanya kesatuan tentunya tujuan untuk membangun Kabupaten Bengkayang yang lebih baik akan sukar untuk dicapai.

“Jadi saya minta kepada masyarakat agar tak ada lagi perpecahan. Yang kalah harus mendukung yang menang, dan yang kalah harus menghormati yang menang,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus juga turut mengapresiasi kinerja yang telah ditunjukkan oleh KPU Kabupaten Bengkayang sehingga pelaksanaan Pilkada berlangsung dengan sukses, aman, dan damai. Dia juga menilai bahwa penetapan yang telah dilakukan oleh KPU Bengkayang ini sendiri telah dilakukan melalui proses yang sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku.

“Dan hari ini sudah ditetapkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk memimpin Kabupaten Bengkayang masa jabatan 2021-2024. Berkenaan dengan itu, nanti KPU akan menyerahkan kepada kita (DPRD) terkait hasil dari penetapan hari ini untuk kemudian dilakukan paripurna istimewa pengusulan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang nantinya akan ditujukan kepada Presiden RI melalui Gubernur Kalimantan Barat,” terangnya.

Dia juga berterima kasih kepada seluruh jajaran Partai Politik yang telah ambil bagian dalam meramaikan gelaran Pilkada 2020 Kabupaten Bengkayang. Hal tersebut dia lontarkan setelah melihat secara garis besar pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bengkayang kali ini sudah cukup baik. Meski menurutnya masih ada beberapa hal yang masih dirasa kurang dan mesti jadi catatan untuk dilakukan evaluasi dalam ajang Pemilu lainnya kedepan.

“Sekali lagi saya ingin berterima kasih kepada seluruh stakeholder dan tentunya masyarakat Kabupaten Bengkayang yang telah mensukseskan pelaksanaan Pilkada tahun ini,” pungkasnya. (Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda