Bengkayang post authorKiwi 22 November 2022

Riam Pangarek Jadi Venue Perhelatan Cabor Eksibisi Arung Jeram Porprov 2022

Photo of Riam Pangarek Jadi Venue Perhelatan Cabor Eksibisi Arung Jeram Porprov 2022 Riam Pangarek Jadi Venue Perhelatan Cabor Eksibisi Arung Jeram Porprov 2022

Bengkayang,SP - Perhelatan Porprov ke-13 Kalbar tahun 2022, pada cabang olahraga (cabor) arung jeram resmi dilaksanakan pertanggal 21-23 November. Dan untuk tempat pelaksanaan, Porprov untuk Cabor FAJI di Riam Pangarek yang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang yang didaulat sebagai lokasi perhelatan olahraga air tersebut.

Pengurus Provinsi Federasi Arung Jeram Indonesia (Pengprov FAJI) Kalbar, Hermayani Putera mengatakan, bahwa untuk pelaksanaan lanjutan Porprov ke-13 Kalbar tahun 2022 cabor arung jeram ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak dibuka pada 21 hingga 23 November ini.

"Untuk cabor arung jeram ini masih cabor eksibisi. Dimana cabor ini baru terbentuk sekitar empat tahun lalu," ujar Hermayani di Riam Pangarek, Selasa (22/11).

Kendati masih kategori eksibisi, Hermayani tetap optimis olahraga arung jeram kedepan bakal makin dikenal oleh masyarakat. Menurutnya, bermula dari eksibisi inilah yang menjadi awal permulaan untuk mengenalkan olahraga arung jeram kepada masyarakat luas.

"Sementara untuk lanjutan Porprov di cabor arung jeram ini, kita mempertandingkan beberapa nomor lomba. Seperti sprint, head to head, dan slalom," ujarnya.

Dari tiga nomor lomba tersebut, dia menjelaskan akan dibagi menjadi tiga kategori. Diantaranya putra, putri, dan campuran. Dimana akan ada total 18 set medali yang akan diperebutkan oleh peserta.

"Untuk jumlah peserta, cabor arung jeram tahun ini diikuti oleh 81 kontingen dari tujuh kabupaten/kota se-Kalbar. Dengan rincian 51 atlet putra, dan 36 atlet putri," bebernya.

"Sementara untuk daerah yang mengikuti cabor ini, diantaranya Kota Pontianak, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah, dan Kabupaten Bengkayanh selaku tuan rumah," timpal dia.

Dalam kesempatan yang sama, dia mewakili jajaran Pengprov FAJI Kalbar turut mengapresiasi dukungan dari seluruh pihak terkait, termasuk Pemda Kabupaten Bengkayang, hingga perangkat Desa di sekitaran Riam Pangarek yang telah mensupport penuh pelaksanaan Porprov ke-13 Kalbar cabor arung jeram.

"Terlebih kita tahu bersama Riam Pangarek ini merupakan lokasi wisata yang luar biasa. Dimana Riam ini bisa menyatukan olahraga dan pariwisata sekaligus," ujarnya.

Lebih jauh, dia berharap kedepan Pemda maupun pihak terkait lain bisa lebih giat melaksanakan event-event yang bisa mengeksplor potensi alam, seperti yang dilaksanakan di Riam Pangarek kini. (Nar)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda