Bengkayang post authorKiwi 23 Januari 2023

Polisi Amankan Satu Unit Granat Tangan di Sanggau Ledo

Photo of Polisi Amankan Satu Unit Granat Tangan di Sanggau Ledo

Bengkayang,SP- Warga di Dusun Subur Makmur, Desa Gua, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang dihebohkan dengan penemuan sebuah granat tangan, pada Minggu (22/1) sekira pukul 22.00 WIB.

Kapolres Bengkayang, AKBP Bayu Suseno saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa granat tangan tersebut pertama kali ditemukan oleh salah seorang warga yang bekerja sebagai pengumpul barang bekas disekitar TKP.

"Informasi ini pertama kali personel kita di Polsek Sanggau Ledo yang memperoleh informasi dari anggota Babinsa Koramil Sanggau Ledo bahwa ada salah satu warga mereka yang menemukan granat tangan," kata Bayu, Senin (23/1).

"Atas dasar itu, anggota kita di Polsek Sanggau Ledo langsung mendatangi lokasi penemuan granat tersebut, yang diketahui berada di rumah milik Sukoco selaku yang pertama kali menemukan granat tangan tersebut," timpalnya.

Sementara dari keterangan yang bersangkutan (Sukoco), lanjut Kapolres, granat tangan tersebut pertama kali ditemukan ketika Sukoco ketika dirinya membeli besi rongsokan dari warga yang tidak dikenal. Awalnya, dia juga mengaku tak mengetahui bahwa salah satu benda bekas yang dibelinya tersebut ada sebuah granat tangan.

"Hingga akhirnya yang bersangkutan memilah kembali besi-besi yang telah dikumpulkan dan baru menyadari bahwa benda tersebut adalah sebuah Granat. Setelah itu, Sukoco melaporkan temuan itu kepada kepala dusun Subur Makmur Desa Gua, untuk selanjutnya granat tangan diserahkan ke Ketua BPD Desa Gua, yang kemudian dimasukkan kedalam sebuah karung kecil untuk kemudian dilaporkan kepada pihak yang berwajib," papar Kapolres.

Dia juga menjelaskan, bahwa belum diketahui secara pasti apakah granat tangan tersebut masih berfungsi ata tidak. Kendati demikian, Kapolres juga tak menutup kemungkinan bahwa bahan peledak tersebut masih berpotensi aktif dikarenakan belum ada kerusakan pada bagian badan granat. Selain itu, granat tersebut ditemukan dalam keadaan telah hilang kunci Pin.

Bayu melanjutkan, barang bukti granat tangan tersebut kemudian dibawa personel Polsek Sanggau Ledo dan Personil Koramil 02 Sanggau Ledo, untuk diamankan di Koramil Sanggau ledo.

"Saat ini BB granat diamankan di Koramil Sanggau Ledo. Sementara proses selanjutnya akan diselesaikan oleh Danramil 02 Sanggau Ledo dan berkoordinasi dengan Kodim 1202/SKW," tutupnya. (Nar).

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda