Bengkayang post authorKiwi 23 September 2020 153

KPU Himbau Paslon Tidak Membawa Massa dan Arak-arakan Pencabutan Nomor Urut Besok

Photo of KPU Himbau Paslon Tidak Membawa Massa dan Arak-arakan Pencabutan Nomor Urut Besok

Bengkayang,SP - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bengkayang menghimbau agar pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Bengkayang yang telah ditetapkan KPU tidak membawa massa dan arak-arakan pada pencabutan nomor urut besok, Kamis (24/9).

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua KPU kabupaten Bengkayang, Musa Jairani demi memutus rantai penyebaran Covid-19, dan ia meminta agar semua Paslon mematuhi peraturan pemerintah terkait Prokes kesehatan, dan Maklumat Polri.

"KPU kabupaten Bengkayang menghimbau agar kita senantiasa mematuhi protokal kesehatan Covid-19. Sehingga masyarakat tetap sehat, kami juga menghimbau agar Paslon tidak menghadirkan banyak massa atau arak-arakan Pra dan selesainya pengundian nomor urut besok. Kita harap Pilkada sukses, dan masyarakat tetap sehat," tegas Musa.

Kata Musa, pengundian nomor urut Paslon besok dilakukan di Aula II kantor Bupati Bengkayang, dalam rapat pleno terbuka. Sesuai dengan pasal 9 PKPU nomor 6 tahun 2020 bahwa ada pembatasan jumlah yang hadir.

"Jadi kami sudah membatasi jumlah yang hadir, maksimal 50 orang termasuk Paslon, undangan pihak terkait seperti Forkopimda, Bawaslu dan lainnya," jelas Musa.

Musa menghimbau agar setiap tahapan Pilkada tetap mematuhi protokal kesehatan Covid-19, dengan menggunakan APD lengkap.

KPU juga akan selalu menyimpan sarana lainnya, misalnya hand sanitizer dan tempat cuci tangan , serta mengecek suhu yang hadir Musa juga menyampaikan, KPU telah melakukan rapat pleno tertutup penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Bengkayang pada Pilkada serentak tahun 2020, hari ini Rabu (23/9).

Sesuai dengan PKPU nomor 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pilkada serentak dengan protokal kesehatan, yang terakhir telah diubah PKPU nomor 10 tahun 2020 maka rapat pleno penetapan dilakukan secara tertutup, dalam rangka mematuhi protokal kesehatan.

Ketua KPU kabupaten Bengkayang, Musa Jairani menyatakan, selain itu KPU juga baru menerima Maklumat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: Makl3llxl2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Pleno kita lakukan secara tertutup berdasarkan PKPU dan juga maklumat Kapolri, dalam rangka mematuhi protokal kesehatan Covid-19. Kita telah menetapkan empat Paslon sesuai dengan pendaftaran. Jadi seluruh Paslon yang mendaftar di KPU Bengkayang dinyatakan memenuhi syarat," ungkap Musa Jairani, usai melakukan rapat pleno tertutup penetapan Paslon di Pilkada Bengkayang, Rabu (23/9).

Secara resmi kata Musa, keempat Paslon akan siap kontestasi di Pilkada Bengkayang. Keempat Paslon yakni, Paslon Herman Ivo - Yohanes Pasti, Martinus - dr. Carlos Djaafara, Sebastianus Darwis - Syamsul Rizal, dan Mok Fo Tjhiu - Aliong.

"Penetapan kami lakukan secara tertutup pukul 09.00 WIB, via live streaming akun YouTube dan Facebook resmi KPU Bengkayang," ucap Musa. (Nar).

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda