Bengkayang post authorKiwi 23 September 2020 138

Pilkada Bengkayang, Kapolres Minta Anggota Bersikap Netral

Photo of Pilkada Bengkayang, Kapolres Minta Anggota Bersikap Netral

Bengkayang,SP- Kapolres Bengkayang AKBP Natalia Budi Darma menengaskan dalam pilkada Bengkayang tahun 2020, Polri menepatkan diri dalam posisi yang netral. Tidak ada keberpihakan terhadap kelompok-kelompok tertentu.

" Saya sebagai Kapolres memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk Netral. Tidak mendukung salah satu Paslon yang telah ditetapkan KPU. Ataupun melakukan upaya yang lain, ataupun menggiring opini dan sebagainya," ucapnya.

Kata Kapolres apabila itu terjadi tentu ada konsekuensi yang ditanggung oleh yang bersangkutan.

"Kita punya kode etik dan itu sudah diatur dalam undang-undang," pungkasnya.

Sementara terkait dengan isu SARA yang akan di giring oleh oknum-oknum dalam Pilkada Bengkayang, pihaknya meminta agar masyarakat terutama penguna media sosial untuk tidak mengiring opini dan hal-hal yang dapat merusak kedamaian dan kondusifitas yang ada.

Kapolres meminta agar masyarakat terkhusus penggunaan media sosial untuk bijak dalam menanggapi kondisi yang sedang berlangsung.

Tidak mudah terpancing, dan berdampak pada hukum. Terkait dengan potensi-potensi yang dapat menimbulkan permasalahan, mengangkat isu untuk menggiring opini dan sebagainya tentu akan berdampak pada konsekuensi hukum.

Misal soal isu Suku Ras Agama dan Antar golongan atau SARA, dan sebagainya terutama dalam pilkada Bengkayang ini. Jika terdapat melakukan hal tersebut akan ditindak secara hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Jika ada pihak yang melaporkan dan dapat dibuktikan tentu proses hukum akan berjalan. Untuk itu saya himbau kepada masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas dalam rangkaian tahapan Pilkada ini untuk arif dan bijaksana dalam bermedia sosial, dan harus berkomunikasi yang baik sesama masyarakat sehingga tidak muncul permasalahan yang akan terus berkembang," ucapnya.

Kapolres berharap Pilkada Bengkayang dapat berjalan dengam baik, lancar dan aman. Pilkada sukses, dan penanganan Covid-19 juga berhasil. Dalam mencegah itupun, Kapolri telah mengeluarkan maklumat yang berisikan himbauan yang mengarah pada penegakan disiplin. Mencegah sedini mungkin sehingga tidak menimbulkan klaster baru. (Nar).

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda