Bengkayang post authorKiwi 23 September 2021

Lanud Had Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT TNI ke-76

Photo of Lanud Had Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT TNI ke-76 Istimewa

 

BENGKAYANG, SP - TNI AU Lanud Harry Hadisoemantri(HAD) bekerjasama dengan PMI kota Singkawang mengadakan  donor darah dalam rangka peringatan HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia yang dilaksanakan di Balai Danu Setiawan Lanud Had, Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang Kalbar, kemarin.

Kegiatan donor darah tersebut melibatkani 12 Nakes dari PMI kota Singkawang dibantu 4 Nakes Lanud Had yang dihadiri oleh Danlanud Had, Pejabat list A, Pia AG Lanud Had, Anggota Polsek Sanggau Ledo dan masyarakat sekitar.

Komandan Lanud Had Letkol Pnb Firmandes Pasaribu, menyampaikan bahwa Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, apalagi ditengah pandemi Covid-19, lonjakan permintaan kantong darah sangat tinggi, khususnya di wilayah Singkawang dan Bengkayang.

"Kegiatan ink sangatlah penting, mengingat permintaan akan kantong darah sangat tinggi, semoga bermanfaat bagi yang menerimanya nanti," ucap Firmandes.

Kegiatan donor darah hari ini mengumpulkan 54 kantong darah dengan pendaftar 64 orang, 10 orang dinyatakan tidak diperkenankan untuk Donor Darah karena tensi darah tinggi, habis mengkonsumsi obat dan sehabis vaksinasi.

Sementara itu, Suwadji Kepala PMI kota Singkawang, menyampaikan, dalam sehari dibutuhkan 200 kantong darah untuk ketersediaan di wilayah Kalbar. Sedangkan dimasa pandemi saat ini hanya mampu memenuhi 50 sampai 70 kantong darah perhari.
"sehingga dengan adanya even donor darah seperti ini, kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena sangat terbantu dalam memenuhi ketersediaan kantong darah,” ucapnya.

lanjut ia, kurangnya pendonor darah dikarenakan musim pandemi, orang yang habis vaksinasi dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang manfaat donor darah. (Ril/nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda