Bengkayang post authorKiwi 24 September 2021

Musyawarah Ganti Rugi Lahan Warga untuk PLBN, Bupati: Gunakan Uang dengan Bijak

Photo of Musyawarah Ganti Rugi Lahan Warga untuk PLBN, Bupati: Gunakan Uang dengan Bijak Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, pejabat terkait dan warga foto bersama saat musyawarah penetapan ganti rugi lahan untuk PLBN Jagoi Babang, baru-baru ini.

 

BENGKAYANG, SP - Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis beserta rombongan dari unsur Forkopimda Kabupaten Bengkayang menghadiri dan menyaksikan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian, dan pemberitahuan besaran atas obyek pengadaan tanah untuk pembangunan PLBN Terpadu di Kantor Camat Jagoi Babang, baru-baru ini.

Giat tersebut turut dihadiri sejumlah pihak terkait, di antaranya BPN, Bank BPD, dan unsur masyarakat Jagoi Babang yang lahannya terdampak akibat pembangunan PLBN Terpadu tersebut.

Disamping itu, musyawarah penetapan bentuk ganti rugi tersebut turut disaksikan oleh unsur Porkopicam Jagoi Babang, dan beberapa OPD yang berkaitan dengan lahan yang sedang dalam proses pembangunan PLBN.

Dalam kesempatan tersebut, Darwis meminta kepada masyarakat yang lahannya terdampak atas pembangunan PLBN untuk bersabar. Terlebih, Darwis memastikan untuk lahan milik warga yang terdampak saat ini sudah bisa diproses ganti untung.

Dia berharap, dengan dibukanya PLBN terpadu tersebut, kedepannya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan (Kecamatan Jagoi Babang).

"Dengan demikian tentunya kita berharap agar roda perekonomian Kabupaten Bengkayang kedepannya bisa meningkat, terutama dengan kehadiran PLBN ini," jelas Darwis.

Lebih jauh, Darwis juga berpesan kepada masyarakat yang menerima ganti untung atas penggunaan lahan yang di jadikan PLBN, agar dapat menggunakan uang tersebut sebagai modal usaha. Terutama untuk masyarakat yang mana lahan tanahnya menjadi pusat PLBN terpadu.

"Gunakanlah dana ganti untung atas pembayaran tanah bapak ibu dengan bijak, terutama sebagai modal usahanya dengan tepat," pesan Darwis.

Persiapkan SDM

Wakil Ketua DPRD kabupaten Bengkayang, Esidorus mengatakan bahwa seiring sedang dikerjakannya PLBN Jagoi Babang tersebut, tentunya akan berdampak luas bagi kehidupan masyarakat. Terutama masyarakat di sekitar lokasi PLBN Jagoi Babang sendiri.

"Tentunya apabila PLBN sudah diresmikan akan berdampak besar. Demikian pula untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat, ini (PLBN) akan berdampak besar," kata Esidorus.

Oleh karenanya, dia mendorong Pemda Bengkayang untuk segera mengambil langkah cepat dalam rangka menyediakan kawasan industri maupun SDM. Hal tersebut mesti dilakukan sedini mungkin, sebagai upaya persiapan sebelum PLBN Jagoi Babang diresmikan. (nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda