Bengkayang post authorKiwi 24 September 2021

Rutan Kelas IIB Bengkayang Gelar Simulasi Kebakaran

Photo of Rutan Kelas IIB Bengkayang Gelar Simulasi Kebakaran

BENGKAYABG, SP - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bengkayang bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Bengkayang dan Polsek Lumar menggelar simulasi penanggulangan kebakaran di halaman depan Rutan, Jumat (24/9/2021).

Simulasi yang dilakukan menggambarkan apabila di ruangan terjadi kebakaran. Petugas dituntut semaksimal mungkin agar kebakaran tidak menyebar dan mengakibatkan kerugian yang besar.

Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang Chandra Wiharto menyatakan, "ini merupakan kegiatan yang sangat positif guna mengantisipasi kejadian kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu. Kita harus lebih siap jika sewaktu-waktu hal serupa terjadi, tapi kita harap tidak,” terang Karutan.

Lanjutnya, jegiatan Simulasi penanggulangan kebakaran meliputi pemetaan titik evakuasi pemadam kebakaran, dasar - dasar memadamkan api menggunakan handuk basah, dasar - dasar memadamkan api pada tabung gas, cara memadamkan api dalam skala besar dan berkelompok menggunakan mesin disel dan selang air besar.

Selain dilakukan simulasi, juga telah dilakukan beberapa hal berkaitan dengan keamanan dan ketertiban para warga binaan termasuk penghuni lapas baik dari sistem kelistrikan mau pun perecikan api yang di akibatkan dari bahan mudah terbakar dan lainnya.

"Terimakasih kepada Damkar Bengkayang dan Polsek Lumar yang sudah hadir dan membantu edukasi cara penanggulangan kebakaran, simulasi ini merupakan penyegaran pengetahuan teknis penanganan kebakaran dan atensi dari pimpinan tinggi pasca terjadinya kebakaran Lapas di Tangerang yang menewaskan 41 warga binaan," tutup Chandra Wiharto. (Ril/nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda