Bengkayang post authorKiwi 25 November 2021

Kejari Bengkayang Musnahkan BB Hasil Ungkapan Berbagai Perkara Sepanjang 2021

Photo of Kejari Bengkayang Musnahkan BB Hasil Ungkapan Berbagai Perkara Sepanjang 2021 Istimewa

BENGKAYANG, SP - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkayang melaksanakan giat pemusnahan berbagai barang bukti hasil pengungkapan perkara tindakan kriminal yang dilakukan Jaksa di wilayah Kabupaten Bengkayang. Pemusnahan tersebut dilangsungkan di halaman Kejari Bengkayang, pada Kamis (25/11) pagi.

Turut hadir dalam pemusnahan tersebut berbagai unsur terkait, diantaranya Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bengkayang beserta jajaran, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bengkayang, Kepala Pengadilan Negeri (PN) Bengkayang, Kepala Rutan (Karutan) kelas IIB Bengkayang, perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bengkayang, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kajari Bengkayang, Tommy Adhyaksahputra mengatakan, bahwa pemusnahan barang bukti yang dilakukan kali ini merupakan perkara yang sebelumnya berstatus inkrah. Dimana proses penanganan perkara dari berbagai kasus tersebut sudah melalui proses sidang pengadilan yang berjalan dengan lancar.

Dikatakan Tommy, untuk beberapa barang bukti yang dimusnahkan kali ini merupakan hasil ungkapan perkara tindak narkotika, serta obat-obatan terlarang, dan juga barang bukti dari kasus lain yang berkekuatan hukum tetap.

"Untuk perkara narkotika yang kita musnahkan kali ini, yakni berupa narkotika jenis sabu dengan berat total 19.68 gram," kata Kajari Bengkayang.

Sementara untuk barang bukti dari perkara lain yang cukup menonjol adalah terkait penambangan emas tanpa izin (PETI). Dalam hal ini, sambung Tommy, pihaknya berhasil mengamankan beberapa pelaku PETI dan juga beberapa barang bukti yang digunakan disinyalir jadi media dalam perkara tersebut.

"Untuk kasus PETI yang hari ini juga kita musnahkan berdasarkan barang bukti yang kita amankan, yakni mesin dompeng, karpet, selang, drum besi dulangan," ungkapnya.

Lebih jauh, dia juga mengungkapkan hasil dari perkara lain yang berhasil diungkap oleh jajarannya. Meliputi pencurian, penganiayaan, judi, hingga perkara perlindungan anak.

"Kita juga mengamankan sejumlah barang bukti dari tindak kriminal lain, seperti judi kita amankan berupa lapak dadu, kupon, dan handphone. Sementara untuk kasus penganiayaan di wilayah Bengkayang, kita menyimpan barang bukti berupa sebilah parang. Kemudian untuk kasus pencurian kita amankan barang bukti dari pelaku berupa obeng dan linggis. Dan untuk semua barang bukti dari perkara-perkara tersebut hari ini kita musnahkan," terangnya.

"Dan untuk perkara perlindungan anak itu terkait persetubuhan dan melarikan perempuan yang belum dewasa (dibawah umur) tanpa dikehendaki orangtuanya (pihak perempuan sebagai korban)," timpalnya.

Atas semua perkara tersebut, Kajari Bengkayang berharap agar dengan masih maraknya perbuatan dan tindak kriminal yang terjadi di Kabupaten Bengkayang, dapat membuat sinergitas antar aparat penegak hukum di Bumi Sebalo semakin solid. (Ril/Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda