Bengkayang post authorKiwi 26 November 2021

Jelang Pilkades Serentak, Polres Jamin Keamanan dan Netralitas

Photo of Jelang Pilkades Serentak, Polres Jamin Keamanan dan Netralitas Istimewa

BENGKAYANG,SP – Kabupaten Bengkayang dalam waktu dekat akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021. Diketahui, untuk gelaran Pilkades di wilayah kabupaten Bengkayang yang akan digelar pada 20 Desember mendatang.

Dimana setidaknya, sebanyak 36 desa dengan 12 kecamatan di Kabupaten Bengkayang ikut melaksanakan Pilkades serentak tahun ini.

Jelang pelaksanaan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkayang melalui Dinas terkait bersama pihak Polres Bengkayang melaksanakan pertemuan guna meningkatkan pemahaman dan mekanisme pelaksanaan Pilkades, yang dilaksanakan di Wisma Jovan, kemarin siang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto menyampaikan, bahwa jelang gelaran Pilkades di kabupaten Bengkayang, dia memastikan Kepolisian akan berperan dalam pemeliharaan keamanan pada saat Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa.

“Polri tidak tiba-tiba datang karena dia instansi pemerintah. Jadi keterlibatan kita berdasarkan undang-undang karena pemilihan kepala desa itu menimbulkan gangguan keamanan," ungkap Kapolres.

"Gangguan tersebut bisa bermacam-macam. Bisa intimidasi, bias ketidaknetralan kemudian kecurangan, pengrusakan, konflik dan lain sebagainya," sambungnya.

Kapolres Bengkayang juga memastikan bahwa Polri tidak akan terlibat langsung dalam Pilkades. Dalam artian dalam hal ini, Polri khususnya seluruh jajaran Polres Bengkayang bersikap netral.

“Kami anggota Polri tidak terlibat secara teknis bagaimana skema pemilihan kepala desa itu berjalan Apabila ada anggota kami yang tidak netral laporkan kepada kami. Polri harus netral tidak boleh terlibat langsung tahapan-tahapan pemilihan kepala desa," ucap Kapolres.

“Tugas kami hanya ini, ketika dalam pemilihan kepala desa apabila ada gangguan keamanan suatu pelanggaran hukum, barulah Polri dapat dilibatkan," timpalnya.

Ia berharap kepada para panitia Pilkades untuk semaksimal mungkin bekerja agar pesta demokrasi Pilkades dapat berjalan dengan lancar. Disamping itu, Kapolres juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap tertib dan menjaga kondusifitas pesta demokrasi tingkat desa yang dilaksanakan secara serentak tahun ini.

“Saya imbau agar masyarakat mengikuti pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa dengan tertib agar situasi dan kondisi Kabupaten Bengkayang tetap kondusif," imbuhnya.

"Stabilitas keamanan mempengaruhi stabilitas ekonomi. Oleh karena itu kita harus menjaga dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya," tutupnya.

Sementara itu, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis turut mengimbau seluruh masyarakat tetap menjaga situasi kondusif, khususnya di wilayah-wilayah yang bakal melaksanakan Pilkades kedepannya.

Disamping itu, Bupati Darwis turut buka-bukaan dengan menyampaikan bahwa ada sejumlah pegawai honor yang maju pada perhelatan Pilkades Tahun 2021. Dan bahka, sudah diberikan rekomendasi langsung.

“Kini, sejumlah tahapan Pilkades sudah disiapkan pemerintah daerah,” katanya.

Dirinya berharap, Pilkades berjalan lancar, aman, dan kondusif dari 36 Desa yang terlibat langsung.

“Perhelatan tersebut masih berhadapan dengan situasi pandemi. Dan ditekankan tetap menyesuaikan protokol Kesehatan,” pungkasnya. (Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda