Bengkayang post authorKiwi 26 November 2023

Polres Bengkayang Amankan Ribuan Batang Rokok dan Miras Ilegal dari Malaysia

Photo of Polres Bengkayang Amankan Ribuan Batang Rokok dan Miras Ilegal dari Malaysia

Bengkayang,SP– Kepala Kepolisian Resor Bengkayang, Polda Kalbar, AKBP Teguh Nugroho, memimpin langsung Konferensi Pers pengungkapan dan pelimpahan perkara tindak pidana perlindungan konsumen atau perdagangan pangan dan cukai di wilayah hukum Polres Bengkayang ke Bea Cukai Jagoi Babang.

Hadir Pju Polres Bengkayang, Danki Kompi C 645/GTY, Kasipidum Kejaksaan Negeri Bengkayang, Pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama, Analis Kebijakan Ahli Muda Disperindag Kab. Bengkayang, dan beberapa awak media cetak maupun elektronik di Kabupaten Bengkayang.

Kapolres Bengkayang mengungkapkan, pada tanggal 22 November 2023 tepatnya di Jalan Raya Sanggau Ledo, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang telah dilakukan penangkapan terhadap 2 orang pria berinsial HL dan FH karena kedapatan membawa sejumlah minuman keras dan rokok tanpa dilengkapi dokumen yang sah dengan mengendarai Mobil Toyota Calya warna Silver.

“Untuk barang buktinya, ada 380 slop yang berisikan 3.800 bungkus rokok dan 91 botol serta 144 kaleng minuman keras yang berasal dari negara Malaysia telah kami amankan,” jelas Teguh.

“Modus dari tersangka ini, membeli barang-barang tersebut dari perbatasan dan berencana menjual kembali dengan cara diecer ke warung-warung tanpa dilengkapi dokumen yang sah dari pihak terkait,” tambahnya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan UU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja dan UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Kapolres Teguh menyatakan, Polres Bengkayang melimpahkan berkas perkara kepada pihak Bea Cukai Jagoi Babang, hal itu merupakan wujud keseriusan Kepolisian bekerja sama dengan stakeholder terkait dalam menindak tegas pelaku Tindak Pidana Perdagangan/Perlindungan Konsumen/Pangan dalam bentuk minuman beralkohol dan cukai yang berasal dari negara Malaysia.

Teguh berharap, dengan adanya pengungkapan ini dapat menjaga kondusifitas, serta menciptakan rasa aman dan nyaman pada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bengkayang

“Kepada masyarakat Kabupaten Bengkayang, segera lapor kepada Pihak Kepolisian terdekat apabila menemui, melihat dan mendegar adanya dugaan tindak pidana apapun bentuknya karena pada hakikatnya, terpeliharanya kamtibmas merupakan tanggung jawab kita bersama,” harap Kapolres.

Kembali Kapolres menegaskan, dari penindakan yang telah dilakukan pihaknya telah menetapkan dua orang tersangka dan telah dilakukan penahanan di Polres Bengkayang yaitu HL atau Helmi dan FH atau Fajrul Hasani.

Dari tangan kedua tersangka yaitu HL dan FH Polres Bengkayang berhasil mengamankan barang bukti berupa satu box/kotak rokok merk era menthol warna hijau putih tanpa pita Cukai, 1 box/kotak rokok merk era filter warna merah putih tanpa pita Cukai, satu box/kotak rokok merk era Black menthol warna hitam tanpa pita cukai 17 slot rokok merk era premium warna biru putih tanpa pita Cukai, 33 slop rokok merk era Black menthol warna hitam tanpa pita Cukai, 180 slop rokok merk Jomail menthol tanpa pita Cukai, 3 botol minuman beralkohol merk Elenford Tequila, 6 dus minuman beralkohol merk Tsingtao, satu dus minuman beralkohol merk soju jenis green grape, satu lembar bon atau nota pembelian atas nama JJ tanggal 21 November 2023 1 dus minuman beralkohol merk soju jenis blue, 1 unit mobil Toyota calya warna silver KB 1236 EK beserta kunci dan STNK, 1 unit handphone Android merk Oppo warna biru, 1 unit handphone Android merk Oppo warna orange. (Nar).

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda