Bengkayang post authorKiwi 27 Maret 2023

Wabup Ajak Masyarakat Tak Golput Pemilu 2024

Photo of Wabup Ajak Masyarakat Tak Golput Pemilu 2024

Bengkayang,SP -Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal di acara kirab Pemilu 2024 mengajak masyarakat kabupaten Bengkayang untuk menggunakan hak pilihnya pada ajang pemilu mendatang, dan tidak golput.

Ia mengingatkan, agar semua warga masyarakat di Bengkayang dapat menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani. Ia juga berharap, tingkat partisipasi masyarakat Bengkayang nanti dapat meningkat, setidaknya sama dengan pemilu sebelumnya yang mencapai 70 persen lebih. Terlebih kata Rizal, dengan adanya kirab Pemilu ini nanti dapat menjadi ajang tingkatkan kualitas dan edukasi politik bagi masyarakat.

Selain itu lanjut Rizal, tugas sosialisasi Pemilu bukan hanya dilakukan oleh penyelenggara pemilu KPU, tapi juga adanya andil dari partai politik.

"Jangan ada yang golput. Jangan nanti marah saat orang sudah duduk. Sosialisasi ini perlu dilakukan termasuk parpol," tegasnya.

Sebagai warga negara Indonesia, Wabup Rizal mengajak masyarakat untuk ikut andil menggunakan suara dalam menentukan nasib bangsa kedepan. Disamping itu, Rizal juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas suasana pemilu yang akan dihelat pada bulan Februari 2024 mendatang. Selama proses penyelenggaraan pemilu serentak tahun di Bengkayang, ia berharap prosesnya dapat berjalan dengan baik.


"Mari bersama-sama menciptakan suasana Pemilu yang aman dan damai. Jangan sampai terpecah belah," ajaknya.

Dia juga mengapresiasi kinerja KPU yang menurutnya sudah cukup baik dalam mensosialisasikan tahapan-tahapan pemilu kepada masyarakat, yang sudah dimulai sejak dini. Hal itu dikatakan dia, mengingat kabupaten Bengkayang baru saja didaulat sebagai tempat teranyar pelaksanaan kirab pemilu 2024, untuk wilayah Kalbar.

"Saya rasa semuanya juga sudah cukup jelas disosialisasikan oleh KPU. Apakah itu tentang apa itu Pemilu, kapan dilaksanakannya, dan siapa-siapa calonnya, semuanya jelas. Sehingga istilahnya kita tidak beli kucing di dalam karung," paparnya.

"Sehingga, dengan begitu masyarakat bisa lebih teredukasi untuk memilih pemimpin berdasarkan hati nurani mereka. Terutama yang dirasa dapat membawa kemajuan bagi negara maupun daerah masing-masing," pungkasnya.


Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Kalbar, Erwin Irawan memastikan, tahapan pelaksanaan jelang gelaran Pemilu 2024 sudah berlangsung. Dia memastikan, secara sistematis berbagai proses persiapan Pemilu sudah dilakukan sesuai dengan jadwal dan agenda yang berlaku. Hal itu sekaligus menepis isu adanya penundaan pemilu yang marak beredar.

"Saat ini kita juga masih dalam tahap pemutakhiran data pemilih," kata Erwin disela-sela perhelatan Kirab Pemilu 2024, di Kabupaten Bengkayang, baru-baru ini.

Berkenaan dengan itu, dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama di Kabupaten Bengkayang untuk ikut serta menggunakan hak pilih, pada 14 Februari 2024 mendatang.

Disamping itu, dia juga mengajak masyarakat untuk mulai aktif dan rutin melakukan pengecekan secara berkala, terkait data pribadi apakah sudah terdata sebagai pemilih atau belum secara online.

"Karena sayang kalau ketahuan bapak/ibu ternyata belum terdaftar sebagai pemilih pada hari H (pemungutan suara). Maka dari itu selama selama masih ada waktu, mulai saat ini bisa di cek secara rutin," ajaknya.

Seandainya ada warga belum terdata sebagai pemilih, maka yang bersangkutan bisa langsung melapor agar namanya bisa segera didaftarkan sebagai pemilih.

"Karena ini waktunya kita bersama-sama memilih calon pemimpin, sesuai pilihan masing-masing," ucapnya.

"Tentunya guna mendukung kemajuan Indonesia yang lebih baik secara umumnya, sekaligus mendukung pembangunan kabupaten Bengkayang yang lebih maju dan lebih baik secara khususnya," tutup Erwin.(Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda