Bengkayang post authorKiwi 28 Oktober 2020 67

Paslon Saling Klaim Suara Mutlak di Pilkada, Andalkan Program Kerja dan Kedekatan dengan Masyarakat

Photo of Paslon Saling Klaim Suara Mutlak di Pilkada, Andalkan Program Kerja dan Kedekatan dengan Masyarakat

BENGKAYANG, SP – Masing-masing pasangan calon (Paslon) peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bengkayang mengklaim meraih kemenangan dengan perolehan suara signifikan di Pilkada Bengkayang.

Empat Paslon peserta Pilkada di Bengkayang ialah Sebastian Darwis-Syamsul Rizal, Martinus-Carlos Djaafara, Herman Ivo-Yohanes Pasti, dan Mok Fo Tjhiu-Aliong.

Paslon Nomor Urut 4 Herman Ivo-Yohanes Pasti mengklaim akan meraih suara mencapai 60 persen. Keyakinan tersebut disampaikan Ivo berbekal latar belakang keduanya yang pernah menjadi anggota DPRD. Ivo pernah menjabat anggota DPRD Provinsi Kalbar sedangkan Yohanes Pasti pernah menjadi anggota DPRD Bengkayang.

Selain itu menurut Ivo, pasangan yang diusung Partai Demokrat dan PKB juga berasal dari suku Dayak.

“Kami berdua dari kalangan masyarakat Dayak yang jumlahnya sekitar 63 persen penduduk di Bengkayang. Kami yakin jadi pemenang, target minimal perolehan 60 persen,” kata Ivo.

Selain itu pasangan ini juga mengandalkan visi yang memprioritaskan pembangunan di wilayah perkampungan dan pembangunan sumber daya manusia.

“Program priortas kita antara lain infrastruktur dasar, termasuk jaringan internet di desa dan dusun, dukungan sektor pertanian, khususnya jagung, melalui program proteksi atau pengendalian harga jagung, dan program beasiswa bagi anak pedalaman yang tepat sasaran,” kata Ivo.

Sementara pasangan Nomor Urut 3, Martinus-Carlos menargetkan mendapat suara lebih rendah. Target yang dipatok sebanyak 45 persen. Pasangan ini diusung PDIP dan Nasdem dan didukung tujuh partai politik lainnya.

“40-45 persen, itu target kita,” kata Ketua DPC PDIP Bengkayang, Esidorus.

Ada beberapa alasan PDIP menargetkan perolehan suara untuk pasangan ini. Pertama Martinus-Carlos merupakan perpaduan politisi senior dan birokrat senior. Kedua, keduanya sudah menunjukan dan membuktikan prestasi kerja nyata ke masyarakat.

“Kajot-Carlos saling melengkapi dan saling mengisi. Selain itu keduanya juga  memiliki pribadi sederhana, rendah hati, pekerja keras dan melayani,” sebut Esidorus.

Sementara pasangan Nomor Urut 1, Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal menyakini bisa mendapat dukungan 70 persen suara di Pilkada. “Kemenangan kita sangat besar, kita akan mampu meraih 70 persen suara,” kata Darwis.

Darwis mengatakan ada beberapa alasan masyarakat memilihnya, seperti program yang pro rakyat, perbaikan dan pembangunan jembatan, jalan, usaha tani, pengairan, saluran drainase, air bersih, listrik dan telekomunikasi.

“Yang tidak kalah penting, kita akan memajukan bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, jasa perdagangan, ekonomi kreatif dan pariwisata sebagai potensi andalan Bengkayang untuk pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat, serta PAD,” ucap Darwis.

Darwis-Rizal diusung Partai Gerindra dan Golkar. Seperti yang diketahui, Partai Gerindra merupakan partai pemenang di pemilihan legislatif (Pileg) Bengkayang tahun 2019 dengan jumlah 5 kursi di perlemen. Perolehan ini diyakini Darwis akan turut mendongkrak perolehan suaranya di Pilkada ini.

Sementara pasangan Nomor Urut 2, Mok Di Tjhiu atau biasa disapa Andi Max- Aliong belum memberikan jawaban saat dikonfirmasi Suara Pemred.

Perlu diketahui, pasangan ini diusung oleh Partai Hanura dan Perindo. Andi Max dikenal sebagai pengusaha di Bengkayang. Ia memiliki beberapa usaha yang tersebar beberapa kabupaten di Kalbar. Salah satu bidang usahanya perhotelan.

Kesuksesan usaha Andi Max tentu membuka peluang dirinya mendapat simpat masyarakat. Andi Max juga sering turun bertemu masyarakat. Selain itu, ia juga aktif berorganisasi dan menjabat Ketua Kadin Bengkayang selama dua periode.

Sementara wakilnya, Aliong merupakan politikus yang pernah menjadi anggota DPRD Bengkayang periode 1999-2004. Dalam kampanye ke masyarakat, pasangan ini mengusung jargon Bengkayang Hebat dan Bersih. (nar)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda