Bengkayang post authorKiwi 27 November 2022

Destinasi Wisata Bengkayang Kembali Raih Dua Penghargaan Bergengsi di Ajang API 2022

Photo of Destinasi Wisata Bengkayang Kembali Raih Dua Penghargaan Bergengsi di Ajang API 2022

Bengkayang,SP- Kabupaten Bengkayang kembali meraih dua penghargaan bergengsi tingkat nasional tahun 2022, di bidang pariwisata. Kedua penghargaan tersebut disabet Bengkayang dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2022 kategori Camping Ground terpopuler Riam Perangek dan Wisata Air Terpopuler Pulau Lemukutan, yang diselenggarakan di Kota Banda Aceh Jumat lalu.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kabupaten Bengkayang, I Made Putra Negera menyatakan, kabupaten Bengkayang tahun ini memperoleh 2 piala sekaligus dengan predikat Terbaik di kategori "Camping Ground" terpopuler yaitu Riam Parangek. Dan disamping itu juga Bengkayang menyabet predikat Terbaik di kategori "Wisata Air terpopuler" yang diperoleh Pulau Lemukutan.

"Sebuah prestasi yang membanggakan, dan menjadi surprise bagi team, karena pulau Lemukutan sempat turun peringkat dari posisi 3 menjadi peringkat 5 di bulan Oktober dan awal Nopember. Tapi berkat upaya kreatif yang dilakukan oleh team, peningkatan promosi, bahkan melakukan promosi saat event Merah putih tapal batas Jagoi Babang, aktifnya dorongan Vote yang dilakukan langsung oleh Bupati Bengkayang membuat Surprise (juara) itu betul terjadi di Banda Aceh," ucap Made saat di hubungi Suara Pemred, Minggu (27/11).

Lanjut Made, dua piala dan penghargaan ini dipersembahkan untuk Masyarakat kabupaten Bengkayang dan Masyarakat Kalbar. Ia berharap, Kalimantan Barat suatu saat bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan Event API.

"Tahun depan Propinsi Ambon menjadi Tuan rumah. Ayo Kalimantan Barat Bisa (jadi tuan rumah)," harap Made.

Sementara itu, sebagai kepala daerah, Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis merasa bangga apa yang sudah di raih Bengkayang. Tentu hal tersebut suatu prestasi yang membanggakan bagi Bengkayang.

"Kita dan saya mengapresiasi juga untuk seluruh masyarakat yg sudah ikut mendukung terpilihnya pulau Lemukutan dan Riam Parangek menjadi juara satu dalam ajang API 2022," ucapnya.

Kedepan kata Bupati, Pemda akan terus mengembangkan dan mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten Bengkayang, yang mana potensinya masih sangat besar. Tentunya ini perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Bengkayang mantap," tutupnya.

Untuk diketahui, kedua lokasi wisata tersebut juga dijadikan Venue Pekan Olahraga Provinsi Kalbar ke-13 tahun 2022 November ini, Riam Parangek menjadi pusat Porprov untuk Arum Jeram, dan Olahraga Selam di Lemukutan. (Nar)

Keywords api

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda