Bengkayang post authorKiwi 27 November 2023

Bupati Darwis Launching Aplikasi Buku Pembelajaran Berbasis Android dan Blog Sekolah

Photo of Bupati Darwis Launching Aplikasi Buku Pembelajaran Berbasis Android dan Blog Sekolah

Bengkayang,SP - Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis yang didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono luncurkan buku pembelajaran berbasis Android dan blog sekolah di SMPN 4 Bengkayang.

Bupati Darwis menyatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkayang sangat mengapresiasi atas inovasi dan transformasi dari pola pengelolaan pembelajaran konvensional ke pembelajaran berbasis digital di SMPN 4 Bengkayang. Dengan begitu, Bupati berharap implementasi aplikasi dan blog sekolah ini dapat terealisasi dengan baik dan menjadi contoh bagi sekolah lain di Kabupaten Bengkayang.

"Melalui aplikasi buku pembelajaran berbasis android dan blog sekolah ini, diharapkan pengelolaan sekolah tidak hanya menjadi lebih efisien tetapi juga lebih relevan dengan kebutuhan siswa di era digital, transformasi ini menciptakan fondasi yang kokoh untuk pengembangan keterampilan kritis, kreativitas dan adaptabilitas yang sangat diperlukan untuk masa depan yang semakin kompleks dan dinamis," ucap Bupati, Senin (27/11).

Bupati menjelaskan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperkenalkan inovasi-inovasi yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu terobosan yang menarik dan signifikan adalah implementasi Kurikulum Merdeka di semua jenjang pendidikan. Untuk mendukung efektivitas pelaksanaan kurikulum ini, sangat tepatlah dikembangkannya aplikasi Buku Pembelajaran Berbasis Android dan Blog Sekolah di SMP Negeri 4 Bengkayang.

"Ada beberapa alasan aplikasi ini akan membawa transformasi pembelajaran seperti aksesibilitas informasi, Monitoring dan Evaluasi Real-Time, Personalisasi Pembelajaran, Kolaborasi Antar Guru dan Siswa dan adanya Peningkatan Keterlibatkan Orang Tua," ucapnya.


Aksesibilitas Informasi sendiri memberikan akses informasi yang lebih besar terkait kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Guru, orang tua, dan siswa dapat dengan mudah mengakses jadwal pelajaran, materi ajar, dan rencana pembelajaran secara real-time. Hal ini menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan transparan dalam proses pendidikan.

Sementara monitoring dan Evaluasi Real-Time, aplikasi ini memungkinkan guru untuk memantau progres pembelajaran siswa secara real-time. Dengan alat evaluasi yang terintegrasi, guru dapat memberikan umpan balik lebih cepat dan lebih tepat. Siswa juga dapat melacak perkembangan mereka sendiri, membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam pembelajaran.

Untuk personalisasi pembelajaran dalam konteks Kurikulum Merdeka, personalisasi pembelajaran menjadi kunci. Aplikasi ini memungkinkan guru untuk menyesuaikan materi ajar dan strategi pembelajaran relevan dengan kebutuhan dan minat siswa. Dengan data yang terus diperbarui, guru dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan memberikan dukungan yang lebih baik kepada siswa.

Kemudian, adanya kolaborasi antar Guru dan Siswa. Aplikasi ini juga mendukung kolaborasi antar guru dan siswa. Guru dapat berbagi sumber daya, pengalaman, dan praktik terbaik, dan menciptakan komunitas pembelajaran yang dinamis. Siswa dapat bekerja sama dalam proyek-proyek dan belajar satu sama lain, mengembangkan keterampilan kolaboratif yang esensial untuk masa depan. Serta peningkatan keterlibatkan orang tua. Melalui aplikasi dan blog sekolah, orang tua dapat lebih aktif terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka. Mereka dapat mengakses informasi tentang kemajuan belajar anak mereka, memberikan dukungan di rumah, dan berkomunikasi dengan guru secara lebih efektif. Ini menciptakan hubungan yang lebih kuat antara sekolah dan keluarga.

Dalam mewujudkan layanan pendidikan berbasis digital di Kabupaten Bengkayang ini, Pemerintah Kabupaten Bengkayang sangat mendukung digitalisasi pendidikan di sekolah.

" Mari kita kembangkan berbagai aplikasi terbaik untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan demi mendukung terciptanya SDM Unggul Bengkayang MANTAP," tutup Bupati. (Nar).

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda