Bisnis post authorBob 04 Juli 2020

Sapi Jumbo, Seberat 1,2 Ton, Ditawarkan kepada Presiden Jokowi

Photo of Sapi Jumbo, Seberat 1,2 Ton, Ditawarkan kepada Presiden Jokowi Sapi Jumbo, Seberat 1,2 Ton, Ditawarkan kepada Presiden Jokowi

HARI Raya Idul Adha 2020 atau bisa disebut Lebaran Haji jatuh pada akhir Juni. Namun nuansa terkait Idul Adha sudah terasa di berbagai daerah di Indonesia.

Para peternak dan penjual mulai menawarkan hewan kurban seperti kambing, sapi dan kerbau mulai kepada orang akan berkurban. Upaya itu juga dilakukan Suparno, peternak warga Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.

Ia memiliki sapi berjenis Simental dengan bobot diperkirakan mencapai 1,2 ton. Setelah dirawat selama tiga tahun dan diberi makanan bergizi, ia berharap sapinya dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau menteri.

Dalam kandang sederhana, ia merawat sapinya dan merupakan salah satu sapi terbesar di Boyolali. Untuk menjaga kesehatan, sapi tersebut diajak jalan keluar kandang agar tubuhnya terkena angin dan sinar matahari.

Awalnya, Suparno membeli sapi jenis Simental tiga tahun lalu. Saat itu, beratnyanya hanya sekira 600 kilogram. Setelah perawatan dan pemberian pakan berkualitas, sapinya semakin membesar.

"Rencananya, saya ingin jual. Saya tawarkan Rp80 juta. Kalau Pak Presiden mau, ya Alhamdulillah. Kemudian pejabat-pejabat atau menteri yang membutuhkan, boleh lah," kata Suparno. (rtr/cnn)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda