Bisnis post authorKiwi 16 November 2022

Sutarmidji Resmikan Gedung Kantor Bank Kalbar di Jakarta

Photo of Sutarmidji Resmikan Gedung Kantor Bank Kalbar di Jakarta Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Komut Bank Kalbar, Didi Haryono, meresmikan Gedung Kantor Bank Kalbar Jakarta, secara daring dari Ruang Data Analitik Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (15/11).Ist

PONTIANAK, SP - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji meresmikan Gedung Kantor Bank Kalbar Jakarta, Selasa (15/11).

Peresmian gedung baru tersebut digelar di dua tempat yakni Ruang Data Analitik Kantor Gubernur Kalbar, dan Balai Sudirman Jakarta.

Bank Kalbar Kantor Cabang Jakarta hadir di ibu kota negara sejak tahun 2 Januari 2013 berlokasi di kawasan Mangga Dua, Jakarta Pusat. Kini, Kantor Cabang tersebut secara resmi pindah ke kawasan Tebet Jakarta Selatan.

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi menuturkan rencana pemindahan lokasi kantor cabang Bank Kalbar Jakarta sudah direncanakan beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, kantor baru tersebut dibutuhkan seiring dengan berkembanganya eksistensi Bank Kalbar di ibu kota negara.

“Kami mencoba untuk memiliki aset dan gedung sendiri. Alhamdulillah, hari ini pemikiran itu sudah kami wujudkan,” katanya.

Komisaris Utama Bank Kalbar, Didi Haryono menuturkan selama kurang lebih sembilan tahun eksis, Bank Kalbar kantor Cabang Jakarta menunjukkan kinerja yang positif. Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan aset yang cukup signifikan.

Didi mengatakan, kehadiran Bank Kalbar Kantor Cabang Jakarta adalah untuk memperluas jaringan usaha sekaligus menjangkau nasabah Bank Kalbar yang berdomisili di ibu kota negara tersebut. Seiring berjalannya waktu, Bank Kalbar mulai melebarkan jaringan termasuk kepada nasabah korporasi.

Menurutnya, perkembangan Bank Kalbar tidak kalah dengan bank-bank nasional yang ada saat ini. Kantor yang baru terletak di Tebet Jakarta Selatan, dianggap lokasi yang strategis karena berdekatan dengan kantor-kantor bank nasional.

Di sisi lain, pelayanan perbankan bagi nasabah kini tidak hanya bisa diakses secara konvensional di kantor jaringan. Sebab, hadirnya mobile Banking Bank Kalbar kini mampu melayani berbagai transaksi keuangan secara digital yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Tentu capaian ini tidak bisa terwujud tanpa dukungan pemerintah provinsi, daerah, pengusaha dan masyarakat Kalbar tentunya,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji dalam sambutannya memuji kinerja yang ditorehkan Bank Kalbar.

Hal itu tercermin nilai kontribusi Bank Kalbar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terus membaik, angka non performing loan (NPL) yang menurun, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang terus bertambah, dan lain sebagainya.

“Kontribusi Bank Kalbar terhadap PAD setiap tahun semakin besar. Tahun ini kontribusinya lebih dari Rp100 Miliar PAD, atau lebih dari 13 persen dari modal penyertaan Pemprov Kalbar. Ini suatu hal yang sangat bagus,” papar Sutarmidji.

Orang nomor satu di Kalbar ini melanjutkan, ekonomi Kalbar menunjukkan pertumbuhan yang baik. Berdasarkan data BPS, pada Triwulan III tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Kalbar mencapai 6,48 persen atau di atas rata-rata nasional. Tentu pencapaian ini tidak terlepas dari peran dan kontribusi Bank Kalbar.

“Peran Bank Kalbar dalam peredaran uang semakin baik dan bisa menopang perekonomian Kalbar,” tuturnya.

Acara peresmian kantor baru Bank Kalbar Cabang Jakarta ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji di Ruang Data Analitik Kantor Gubernur Kalbar, didampingi oleh Komisaris Bank Kalbar Didi Haryono dan Sekda Kalbar Harrison.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Kalbar, Sekda Kalbar, Anggota DPR, DPD, DPRD, Dewan Komisaris, Direksi Bank Kalbar, Tokoh Masyarakat, Pengusaha Kalbar dan Nasabah Setia Bank Kalbar.

Adapun Alamat Kantor Cabang Jakarta, Gedung Gajah Unit K, Jalan dr. Saharjo No 111 Kel. Tebet Barat Kec. Tebet Jakarta Selatan 12810 telp 021 22909123/22908077, Fax 021 22908978. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda