Bisnis post authorKiwi 17 Februari 2023

Yamaha Pamer Motor Listrik Neo Electric di IIMS 2023

Photo of Yamaha Pamer Motor Listrik Neo Electric di IIMS 2023

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan produk motor listrik terbarunya, Yamaha Neo S di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung di Kemayoran, Jakarta.

Walaupun baru pertama kali diperkenalkan Yamaha di Indonesia, namun Yamaha Neo S tidak sepenuhnya baru. Pasalnya sebelumnya Yamaha sudah memperkenalkan motor ini di Eropa dan juga terakhir di Vietnam.
Lantas, apakah juga akan diluncurkan dan dijual di Indonesia? Hal itu dijawab Asisten Manager Public Relation PT YIMM Anton Widiantoro.

“Tapi di IIMS 2023 ini kami hanya ingin memperkenalkan saja dan melihat respon dari masyarakat seperti apa. Produk ini tidak dijual, dan peluncurannya saya juga belum bisa berkomentar kapan,” tutur Anton Widiantoro pada 16 Februari 2023.
“Karena itu pengunjung IIMS pun dapat langsung mencoba dan merasakan sensasi berkendara dengan kendaraan listrik Yamaha, seperti E01 dan NEO’s di area test ride,” ucapnya.

Yamaha NEO’s, merupakan skuter listrik setara motor kombusi 50 cc-Ice. Skuter ini menampilkan ukuran bodi motor yang kompak dengan gaya sederhana dan minimalis, serta unik karea dibedakan dengan varian bermesin bahan bakarnya.
Tentu saja dengan mesinnya yang elektrik, Yamaha Neo S tidak memberikan emisi udara serta sangat tenang. Dari sosoknya saja, motor ini langsung menunjukkan karakternya yang akan sangat mudah dikendarai para pengendaranya.

Adapun mesin penggerak Yamaha NEO’s adalah Yamaha Integrated Power Unit (YIPU) generasi terbaru yang masih sedikit digunakan line-up produk Yamaha lainnya. Mesin ini dikembangkan menggunakan hasil riset perintis motor listrik Yamaha seperti Passol dan EC-03 selama tiga decade terakhir.
Ban belakangnya yang tertutup terisi motor listrik brushless berpendingin udara yang baru dikembangkan dan bisa menghasilkan tenaga bawah motor alias torsi tingkat tinggi untuk akselerasi. Namun, top torque alias torsi terkuat motor ini tetap bersuara senyap dan tidak akan terdengar pengendara lainnya secara jelas.

Sama seperti principal motor listrik lainnya,Yamaha NEO’S tidak memiliki jeroan dengan roda gigi. Alhasil pergerakkan mesin sangat efisian dan mengurangi kehilangan daya transmisi seperti mesin CVT yang harus menunggu mainnya vanbelt dan puli motor.

Tenaga tersalurkan secara instan ke roda belakang dari baterai listrik milik Yamaha NEO’S. Adapun torsi yang kuat tadi berasal dari baterai Lithium-ion 50,4V/19,2Ah yang dapat dilepas pasang oleh pengendara.
Bobot baterai terbilang sangat ringan bila dibandingkan dengan motor listrik lainnya, yakni di angka 8kg di tengah sasis yang terletak di bawah jok dan terhubung langsung ke bagasi motor. Baterai ini juga dikembangkan dan diproduksi sendiri oleh Yamaha dengan jangkauan 37km bila baterai di angka 100 persen.

Suhu tertinggi baterai hanya mencapai 25 derajat selsius dan jika ditambah baterai kedua yang tersedia untuk konsumen secara opsional bisa mencapai jarak tempuh maksimal sampai dengan 68km.
Pengisian daya baterai bisa dilakukan dengan baterai yang dipasang ke NEO atau saat dilepas untuk pengisian dalam ruangan yang nyaman. NEO juga dilengkapi dengan pengisi daya portable yang bisa langsung dicolok ke soket pada umumnya (2 mata) dengan waktu pengisian 8 jam untuk mencapai muatan penuh.(ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda