Bisnis post authorBob 28 Juli 2020 58

Menkeu Gratiskan Pajak Jasa Perjalanan Ibadah Haji, Berlaku Juga untuk Agama Lain

Photo of Menkeu Gratiskan Pajak Jasa Perjalanan Ibadah Haji, Berlaku Juga untuk Agama Lain Menkeu Gratiskan Pajak Jasa Perjalanan Ibadah Haji*Berlaku Juga untuk Agama Lain

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

“Jasa tertentu dalam kelompok jasa keagamaan termasuk jenis jasa yang tidak dikenai PPN. Peraturan menteri ini mulai berlaku setelah 30 hari terhitung sejak tanggal diundangkan.”

JAKARTA, SP - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, membebaskan pungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk jasa perjalanan ibadah haji dan umrah bagi umat muslim mulai 23 Agustus 2020. Gratis PPN juga akan berlaku untuk jasa perjalanan agama lain yang diakui di Indonesia.

Pembebasan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.92/PMK.03/2020 tentang Kriteria dan/atau Rincian Jasa Keagamaan yang Tidak Dikenai Pajak Pertambahan Nilai. Beleid itu diteken bendahara negara pada 22 Juli 2020 dan diundangkan pada 23 Juli 2020.

"Jasa tertentu dalam kelompok jasa keagamaan termasuk jenis jasa yang tidak dikenai PPN. Peraturan menteri ini mulai berlaku setelah 30 hari terhitung sejak tanggal diundangkan," tulis Sri Mulyani dalam beleid tersebut, dikutip Selasa (28/7).

Kemudian juga berlaku untuk jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah ke Kota Yerusalem dan Kota Sinai untuk peserta perjalanan yang beragama Kristen. Berikut untuk jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah ke Kota Vatikan dan Kota Lourdes kepada peserta perjalanan yang beragama Katolik.

Selanjutnya, untuk jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah ke Kota Uttar Pradesh dan Kota Haryana kepada peserta perjalanan beragama Hindu. Begitu juga untuk jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah ke Kota Bodh Gaya dan Kota Bangkok bagi peserta beragama Buddha.

Terakhir, juga bagi jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah ke Kota Qufu kepada peserta perjalanan yang beragama Khonghucu.

"Jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah keagamaan berupa penyerahan paket perjalanan, pemesanan sarana angkutan, dan/atau pemesanan sarana akomodasi, termasuk jasa bimbingan perjalanan ibadah yang penyerahannya tidak didasari pada pemberian komisi/imbalan atas penyerahan jasa perantara penjualan," terangnya.

Sementara bagi jasa penyelenggaraan ibadah keagamaan yang mempunyai layanan perjalanan ke tempat lain yang nonibadah, akan tetap dikenakan PPN. Kecuali perjalanan ke tempat lain dilakukan dalam rangka transit dan tercantum dalam penawaran jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah. (cnn/lha)

Rombongan Pertama Tiba

Sebelumnya, rombongan pertama jemaah haji 2020 tiba di Kota Mekah, Sabtu (25/7) waktu setempat. Pemerintah Arab Saudi memutuskan menggelar pelaksanaan ibadah haji secara terbatas karena pandemi virus corona.

Setelah menyelesaikan prosedur kedatangan, para jemaah dibawa ke akomodasi mereka di Mekah, diawasi oleh Kementerian Haji dan Umrah. Mereka akan tinggal di sana selama empat hari sebelum memulai proses ibadah haji pada 30 Juli.

Saudi membatasi umat muslim yang bisa menunaikan ibadah haji sebanyak 1.000 orang. Warga asing yang dibolehkan berhaji hanya mereka yang sudah berada di Saudi sebelum pemberlakuan penguncian wilayah atau pembatasan kegiatan.

Dari 1.000 jemaah, sekitar 700 di antaranya adalah ekspatriat.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Saudi telah menetapkan protokol di seluruh lokasi pelaksanaan ibadah haji. Termasuk melarang jemaah menyentuh Kakbah dan Hajar Aswad.

Jemaah yang dibolehkan beribadah tahun ini hanya mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan tidak mempunyai penyakit bawaan.

Seluruh calon jemaah haji yang telah memenuhi syarat untuk melakukan karantina mandiri sepekan sebelum memulai proses ibadah haji yang akan dimulai pada 29 Juli mendatang.

Khadija, ekspatriat dari Bulgaria, tak menyangka bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini. Dia bahkan berlinang air mata ketika pertama kali mendengar kabar tersebut.

"Saya yakin haji tahun ini akan menjadi yang luar biasa dalam segala hal," ujarnya. (cnn/lha)

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda