Finance post authorBob 28 November 2020 65

Skutik Retro Bergaya Eropa Punya Astra Honda Motor, All New Honda Scoopy Dibekali Empat Fitur Baru

Photo of Skutik Retro Bergaya Eropa Punya Astra Honda Motor, All New Honda Scoopy Dibekali Empat Fitur Baru Skutik Retro Bergaya Eropa Punya Astra Honda Motor, All New Honda Scoopy Dibekali Empat Fitur Baru

HONDA Scoopy memiliki mesin yang tidak terlalu besar. Karena hal ini juga membuat Scoopy irit bahan bakar. Perlu diketahui juga bahwa Scoopy menggunakan mesin 4-Langkah, SOHC, dengan pendingin udara, eSP bersilinder 110cc.

Dari mesin tersebut Scoopy bisa mendapatkan tenaga sebesar 9.1 Ps pada 7.500 rpm, sedangkan torsi puncaknya mencapai 9.4 Nm pada 6.000 rpm.

Motor Scoopy menggunakan tipe rangka Tulang Punggung dengan suspensi Teleskopik pada bagian depan. Sedangkan bagian belakang Scoopy menggunakan suspensi Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal.

Untuk ban sendiri Scoopy menggunakan ukuran 100/90-12 59J (Tubeless) di bagian depan. Bagian belakang motor Honda Scoopy menggunakan ukuran 110/90-12 64J (Tubeless).

Faktor keselamatan motor Honda Scoopy menggunakan rem cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal pada bagian depan. Rem Tromol juga digunakan Scoopy, dibagian rem belakang. Menariknya lagi Scoopy sudah menggunakan sistem pengereman Combi Brake System.

Motor model retro Scoopy keluaran AHM ini tentunya memiliki beberapa kelebihan yang membuat motor ini dapat bersaing di pasaran. Kelebihan tersebut antara lain adalah dari sisi mesin tentunya. Dengan ditopang mesin 110 cc tentu Scoopy sangat irit bahan bakar.

Selain itu, suspensi Scoopy juga terbilang oke, tapi dengan catatan saat digunakan sendiri. Kelebihan lainnya adalah ground clearence tinggi dikarenakan ban yang tebal.

Kelebihan yang paling membuat pengedara senang adalah adanya charger smartphone pada Scoopy. Jadi otolovers tidak perlu cemas apabila smarphone kehabisan baterai. Charger smartphone sudah, lalu apalagi kelebihan Scoopy?

Hal tersebut adalah sudah adanya inovasi ISS, sistem ini berguna untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Cara kerjanya adalah mesin mati sendiri ketika berhenti lebih dari tiga detik. Cara menyalakannya sendiri hanya tinggal menarik gas Scoopy.

Kelebihan lainnya adalah sudah adanya Combi Brake System. Kelebihan ini tentu sangat berguna untuk mengoptimalkan proses pengereman. Sehingga Scoopy cepat pelan atau berhenti.

Meskipun mempunyai kelebihan tersebut, Scoopy tetap memiliki kekurangan. Hal tersebut adalah suspensi yang terlalu mengayun saat digunakan boncengan. Ditambah lagi panel informasinya kurang informatif. Berikut ini adalah spesifikasi Scoopy.

Sebagai motor matik retro modern, sebenarnya spesifikasi mesin seperti yang telah diulas tadi memang cukup memuaskan. Namun, untuk bagian suspensi sedikit mengganggu, karena jika digunakan berboncengan Scoopy kurang stabil.

Honda Scoopy pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2010. dari rentan tahun tersebut tentu telah banyak Scoopy bekas yang beredar di pasaran. Apabila otolovers ingin membeli Scoopy bekas berikut ada daftar harga Scoopy bekas terbaru tahun 2020.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa harga Scoopy bekas ini tetap bisa naik maupun turun. Hal ini dikarenakan setiap daerah mempunyai harga yang berbeda-beda dan kondisi Scoopy bekas itu sendiri. (mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda