Gaya Hidup post authorPatrick Sorongan 09 September 2021

Ayah Kuasai Hartanya, Britney Ngamuk di Pengadilan: Cukup, Lama Saya tak Pegang Duit!

Photo of Ayah Kuasai Hartanya, Britney Ngamuk di Pengadilan: Cukup, Lama Saya tak Pegang Duit! FOTO KOMBINASI: Jamie Spears (kiri), ayah Britney Spears, meninggalkan Pengadilan Stanley Mosk, 24 Oktober 2012 di Los Angeles, dan Britney di Clive Davis dan The Recording Academy Pra-Grammy Gala, 11 Februari 2017.(AP Photo/File)

ANAKNYA hampir gila karena sang ayah bersikeras untuk tetap menjadi wali keuangan dan properti. Inilah kelakuan memalukan selama 13 tahun dari James Spears,  ayah Britney Spears.

Belakangan, James  tahu diri. James pun mengajukan petisi ke pengadilan untuk mengakhiri putusan Konservatori supaya mengakhiri perseteruannya selama ini dengan Britney di Pengadilan Tinggi Los Angeles, AS, Selasa, 7 September 2021.

Lewat Konservatori, James mengendalikan kehidupan dan uang penyanyi itu selama berkarir sebagai diva musik, suatu putusan hukum khusus yang tegas, karena Britney dianggap ceroboh mengelola keuangannya.

Britney sendiri tak berdaya karena sang ayah memiliki putusan Konservatori.

Berdasarkan konsep hukum di AS, Konservatori diberikan kepada seorang wali atau pelindung, yang ditunjuk oleh hakim untuk mengatur urusan keuangan dan kehidupan sehari-hari karena keterbatasan fisik, mental atau usia tua.

Wali Hukum yang Lupa Diri

Seorang pemegang Konservatori disebut konservator, lebih sering disebut sebagai wali hukum Conservatorship sendiri diberikan baik oleh perintah pengadilan (terkait dengan individu) atau melalui otoritas hukum atau peraturan (terkait dengan organisasi seperti entitas bisnis).  

Dalam istilah hukum lainnya, Konservatori dapat merujuk pada tanggung jawab hukum atas seseorang yang mengalami gangguan mental, termasuk individu yang sedang gila, bunuh diri, bergejala gila, tidak mampu, atau dengan cara lain,  tidak dapat membuat keputusan hukum, baik medis atau keuangan atas nama diri mereka sendiri.  

Konservatori ini pula yang memicu dibesutnya sebuah film dokumenter tentang nasib Britney, yang tak pernah dianggap dewasa oleh sang ayah, yang nota bene telah menjadi sangat kaya karena menguasai harta benda Britney. 

Dilansir  Suara Pemred dari The Associated Press, Rabu, 8 September 2021, petisi mengakhiri Konservatori ini diajukan oleh James di Pengadilan Pengadilan Tinggi Los Angeles, Selasa, 7 September 2021. 

James: 'Terbaik' untuk Puteri Saya

“Seperti yang Tuan Spears katakan berulang kali, yang dia inginkan adalah yang terbaik untuk putrinya,” demikian tulisan di dokumen pengadilan. "Jika Nona Spears (Britney) ingin mengakhiri konservatori dan percaya bahwa dia dapat menangani hidupnya sendiri, Tuan Spears percaya bahwa dia (Britney) harus mendapatkan kesempatan itu."

Hanya saja, putusan itu berada di tangan Hakim Brenda Penny, yang selama ini mengawasi kasus tersebut.

Pengacara Britney, Matthew Rosengart menyatakan dalam email bahwa pengajuan dari sang ayah ini telah 'mewakili kemenangan hukum lainnya' untuk Britney Spears, suatu kemenangan besar yang juga merupakan pembenaran terhadap Britney.

James telah menjadi sasaran banyak kemarahan seputar konservatori dari putrinya dan publik. Sebuah petisi dari pengacara Britney untuk mencopotnya di Konservatori akan didengar pada sidang berikutnya dalam kasus tersebut pada Rabu, 29 September 2021.

James menyatakan dalam pengajuan awal petisi pada 12 Agustus 2021 bahwa dia berencana untuk mundur sebagai konservator keuangan anaknya, tetapi tidak memberikan jadwal.

Kendali atas keputusan hidup Britney sejak  2019 diklaimnya demi menjaga dan mengawasi keuangan.

Selain itu James telah berulang kali menyatakan bahwa tidak ada pembenaran untuk pemecatan dari Konservatori, dan dia telah bertindak demi kepentingan terbaik putrinya.

Berawal Britney Dikejar-kejar Paparazzi

Putusan Konservatori diberlakukan pada 2008,  ketika Britney mulai mengalami pergumulan mental yang sangat publik, karena media terobsesi dengan setiap momen. Gerombolan paparazzi dengan agresif mengikuti ke mana saja, dan Britney kehilangan hak asuh atas anak-anaknya.

 

Dalam sidang gugatannya di Pengadilan Tingi Los Angeles, 23 Juni 2021, Britney berbicara berapi-api: "Saya hanya ingin hidup saya kembali. Dan,  itu sudah 13 tahun. Sudah cukup. Sudah lama sejak saya memiliki uang saya. Dan,  itu adalah keinginan,  dan impian saya agar semua ini berakhir tanpa diuji!"

Masih di pengadilan, Britney menegaskan bahwa dia dipaksa di bawah Konservatori untuk minum obat-obatan tertentu,  dan menggunakan alat kontrasepsi untuk pengendalian kelahiran yang bertentangan dengan keinginannya. 

James pun menilai bahwa pernyataan itu fitnah, dan menyerukan penyelidikan pengadilan atas tuduhan ini,  dengan menyatakan bahwa ada  masalah di luar kendalinya, karena dia telah mengundurkan diri sebagai Konservator dari putrinya, dan menyerahkan peran itu kepada pihak profesional yang ditunjuk pengadilan. 

Fans Britney termasuk para selebriti sangat keberatan dan sedih atas kondisi mental Britney akibat Konservatri itu. Mereka pun menyerukan keprihatinan itu di berbagai media sosial termasuk tulisan bertagar #FreeBritney  di Instagram, serta menggelar demo di luar gedung pengadilan tiap kali sidang. 

Nama-nama terkenal dari Miley Cyrus hingga mantan Britney Spears, Justin Timberlake telah bergabung dengan protes dalam beberapa bulan terakhir, terutama setelah pernyataan berapi-api Spears di pengadilan pada Juni dan Juli 2021.*** 

 

Sumber: The Associated Press, Wikipedia

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda