MASYAALLAH! Banyak Wanita Saudi 'Ogah' Berjilbab: 'Style Boy' Dianggap Keren!

Photo of MASYAALLAH! Banyak Wanita Saudi 'Ogah' Berjilbab: 'Style Boy' Dianggap Keren! RAMBUT GAYA ANAK LELAKI - Banyak wanita pekerja memuji potongan 'boy' sebagai alat untuk menavigasi kehidupan profesional baru mereka.(Photo via NDTV)

DI kota-kota besar di Kerajaan Arab Saudi terutama di Riyadh, ibukota negara, banyak wanita pekerja yang terlihat tampil dengan gaya modis  baik busana dan rambut yang didominasi rambut pendek.

Gaya rambut ini disebut style 'anak lelaki' atau dinamakan Boy, yang dipopulerkan aktris Hollywood Demi Moore pada dekade 1980-an.

Padahal,  Saudi adalah negara kelahiran Islam, agama yang mengharuskan kaum wanitanya untuk berjilbab.

Namun dalam lima tahun terakhir, ketika Putra Mahkota Mohammed bin Salman menjadi Penguasa de facto Saudi, dilakukan modernisasi di berbagai bidang.

Setelah meninggalkan almanak Tahun Islam digantikan secara resmi dengan Tahun Masehi, yang nota bene merupakan nama tahun berbahasa Latin untuk menyebut tahun kelahiran Yesus Kristus, Mohammed bin Salman juga membuat 'syok' banyak negara Arab lainnya.

Disebut mengagetkan, karena Pemerintah Saudi sejak 2021 membuka sebuah pantai  sebagai objek wisata yang mengisinkan berbagai budaya Barat tampil termasuk wanita Saudi bebas berbikini.

Bahkan, kewajiban bagi wanita Saudi untuk berhijab, berjilbab sudah dicabut, bebas bepergian tanpa izin suami, dan diperbolehkan menyetir mobil.

Wanita pun diizinkan bergabung dengan angkatan kerja, bagian utama dari upaya pemerintah untuk membangun kembali ekonomi.

Sebutlah Putri Haifa, puteri Raja Salman, yang tidak pernah memakai jilbab, yang sejak Selasa, 19 Juli 2022, menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata Arab Saudi.

Rambut Pendek Bangkitkan Percaya Diri

Karena tak ada lagi perbedaan gender di Saudi, maka banyak wanita wanita karier atau wanita pekerja yang memangkas rambutnya menjadi  'potongan laki-laki'.

Style rambut pendek  dianggap sebagai alternatif yang praktis dan profesional, ketimbang gaya rambut panjang, sebagaimana dari koran Prancis, France24, 23 Juni 2022.

Sebutlah dokter Safi di Saudi yang mengubah penampilannya, ketika mulai bekerja di sebuah rumah sakit di Riyadh, ibukota negara.

Safi memutuskan untuk mengganti jas lab putih standarnya dengan tampilan yang dulu pernah danggapnya  dramatis.

Di sebuah salon kecantikan di Riyadh, Safi memotong pendek rambutnya yang semula panjang dan indah, bergelombang sampai ke lehernya.

Potongan rambut yang dikenal secara lokal dengan kata bahasa Inggris 'boy', telah menjadi mencolok terlihat di jalan-jalan Riyadh.

Hal ini bukan hanya karena perempuan tidak lagi diharuskan mengenakan jilbab di bawah reformasi sosial yang didorong oleh Putra Mahkota.

Untuk Safi, yang meminta untuk diidentifikasi dengan nama samaran untuk menjaga anonimitasnya, tampilan ini juga berfungsi sebagai bentuk perlindungan dari perhatian pria yang tidak diinginkan, memungkinkan dia untuk fokus kepada pasiennya.

"Orang-orang suka melihat feminitas dalam penampilan wanita," katanya. "Gaya ini seperti perisai yang melindungi saya dari orang-orang dan memberi saya kekuatan."

Di sebuah salon di Riyadh, permintaan untuk potongan rambut 'boy',  melonjak.

"Tujuh atau delapan dari 30 pelanggan wanita meminta dipotong pendek pada hari-hari tertentu," kata Lamis, seorang penata rambut, tulis Frace 24, mengutip AFP.

"Tampilan ini menjadi sangat populer sekarang," lanjutnya."Permintaannya meningkat, terutama setelah perempuan memasuki pasar tenaga kerja.

Dalam file foto yang diambil pada 21 Juni 2020, seorang penata rambut mengeringkan rambut klien di pusat kecantikan wanita di Riyadh ketika negara itu mulai dibuka kembali setelah pencabutan penguncian virus corona 

"Fakta bahwa banyak wanita tidak mengenakan jilbab telah menyoroti penyebarannya" tambahnya sambil mendorong lebih banyak pelanggan untuk mencobanya, terutama wanita di akhir usia belasan dan dua puluhan.

Pencabutan persyaratan jilbab hanyalah salah satu dari banyak perubahan yang telah menata ulang kehidupan sehari-hari bagi wanita Saudi di bawah Mohammed bin Salman  yang dinobatkan sebagai pewaris dareie ayahnya yang sudah berusia 86 tahun.  

Wanita Saudi tidak lagi dilarang dari konser dan acara olahraga, dan pada 2018 mendapatkan hak untuk mengemudi.

Kerajaan juga telah melonggarkan apa yang disebut aturan perwalian, yang berarti perempuan sekarang dapat memperoleh paspor dan bepergian ke luar negeri tanpa izin kerabat laki-laki.

Reformasi semacam itu, bagaimanapun, telah disertai dengan tindakan keras terhadap aktivis hak-hak perempuan, bagian dari kampanye yang lebih luas melawan perbedaan pendapat.

Wanita Sumbang 36 Persen Angkatan Kerja Saudi

Mendapatkan lebih banyak perempuan untuk bekerja adalah komponen utama dari rencana reformasi Visi 2030 Pangeran Mohammed untuk membuat Saudi tidak terlalu bergantung pada minyak.

Rencana tersebut awalnya menyerukan agar perempuan menyumbang 30 persen dari angkatan kerja pada akhir dekade ini. 

Tetapi,  angka itu sudah mencapai 36 persen," kata Asisten Menteri Pariwisata Putri Haifa Al-Saud di hadapan Forum Ekonomi Dunia di Davos pada Mei 2022. 

"Kami melihat perempuan hari ini di setiap jenis pekerjaan," kata Putri Haifa, mencatat bahwa 42 persen usaha kecil dan menengah adalah milik perempuan. 

Banyak wanita pekerja yang diwawancarai oleh AFP memuji potongan 'boy' sebagai alat untuk menavigasi kehidupan profesional baru mereka. 

"Saya seorang wanita yang praktis dan saya tidak punya waktu untuk merawat rambut saya," kata Abeer Mohammed, ibu dua anak berusia 41 tahun yang mengelola toko pakaian pria. 

"Rambut saya keriting, dan jika rambut saya tumbuh panjang, saya harus menghabiskan waktu yang tidak tersedia untuk saya merawatnya di pagi hari," tambahnya.

Saudi secara tradisional melarang pria yang 'meniru wanita' atau memakai pakaian wanita, dan sebaliknya. 

Tapi,  Rose, seorang pramuniaga sepatu berusia 29 tahun di sebuah mal di Riyadh, melihat rambutnya yang dipotong pendek sebagai cara untuk menegaskan kemandiriannya dari pria, bukan meniru mereka.

"Itu memberi saya kekuatan dan kepercayaan diri... Saya merasa berbeda, dan mampu melakukan apa yang saya inginkan tanpa perwalian siapa pun", kata Rose, yang tidak mau menyebutkan nama lengkapnya. 

"Awalnya keluarga saya menolak tampilan itu, tapi lama kelamaan mereka terbiasa," tambahnya. 

"Penerimaan tersebut sebagian mencerminkan pengaruh bintang Arab,  seperti aktris Yasmin Raeis atau penyanyi Shirene,  yang telah mengadopsi gaya tersebut," kata stylist Mesir, Mai Galal. 

"Seorang wanita yang memotong rambutnya dengan cara ini adalah wanita yang karakternya kuat karena tidak mudah bagi wanita untuk membuang rambutnya," kata Galal. 

Nouf, yang bekerja di sebuah toko kosmetik dan memilih untuk tidak menyebutkan nama keluarganya, mengaku percaya diri dengan potongan rambut 'boy'.

"Kami ingin mengatakan bahwa kami ada, dan peran kami dalam masyarakat tidak jauh berbeda dengan peran kami di masyarakat," tegasnya.

Rambut pendek, tambahnya, adalah pertunjukan kekuatan wanita.***

 

Sumber: France24, AFP

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda