Info Anda post authorKiwi 12 September 2021

Tips Menyimpan Makanan agar Tahan Lama

Photo of Tips Menyimpan Makanan agar Tahan Lama Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/aneka-salad-di-mangkuk-1640773/

Seringkali setelah kita makan, masih ada sisa makanan yang belum dihabiskan. Makanan tersebut akan sangat sayang apabila dibuang begitu saja. Sebenarnya Anda masih bisa mengonsumsinya lagi, akan tetapi harus disimpan dengan benar agar tidak mudah busuk atau basi. Jika Anda sering menyimpan makanan untuk dikonsumsi besoknya, maka Anda bisa mengikuti tips untuk menyimpan makanan agar awet.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa membuat makanan lebih awet dan tahan lama. Cara menyimpan makanan berkuah tentu saja berbeda dengan cara menyimpan makanan kering. Dengan mengetahui tips menyimpan makanan, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika masih ada sisa makanan yang ingin Anda konsumsi di kemudian hari.

Tips Menyimpan Sisa Makanan agar Awet dan Tahan Lama

Anda yang sering memasak dan merasa bingung dengan sisa makanan yang ada, maka bisa mengikuti tips menyimpan makanan berikut ini:

1. Memanaskan Makanan

Anda tentu setuju jika cara menyimpan makanan yang sudah digoreng lebih mudah dibandingkan menyimpan makanan berkuah. Makanan yang sudah kering karena proses penggorengan cenderung lebih awet dan tidak mudah membusuk seperti makanan basah.

Salah satu contoh jenis makanan goreng yang awet antara lain seperti keripik, kerupuk, berbagai macam gorengan dan lain sebagainya. Semakin kering proses penggorengan, makanan tersebut akan lebih awet dan dapat bertahan hingga berhari-hari.

Meskipun demikian, Anda harus tetap memperhatikan bagaimana cara menyimpan makanan yang benar menurut aturan kesehatan. Misalnya saja Anda membuat keripik dan ingin membuatnya lebih awet. Pastikan Anda menyimpan dengan menggunakan wadah yang bersih dan tertutup rapat seperti menggunakan toples.

Apabila keripik tersebut disimpan di tempat terbuka, kemungkinan besar tidak akan cepat membusuk akan tetapi menjadi lembek. Wadah kedap udara, membantu keripik tetap terlindungi sehingga masih lezat dinikmati meskipun hingga beberapa hari ke depan.

Akan tetapi jika Anda ingin menyimpan makanan digoreng seperti ayam goreng, tempe goreng, atau makanan lain yang tidak terlalu kering maka harus lebih hati-hati. Simpanlah pada tempat yang bersih di suhu dingin. Jika perlu, Anda bisa memanaskan lagi sebelum dikonsumsi.

Makanan yang sudah digoreng akan tetapi masih mengandung air, cenderung lebih mudah membusuk jika disimpan sembarangan atau di suhu ruangan.

Jika ada sisa gorengan hari ini dan ingin dikonsumsi besok, Anda bisa memanaskan kembali gorengan tersebut menggunakan minyak sebelum dikonsumsi. Pastikan Anda menyimpan di wadah yang bersih, jika perlu letakkan di dalam kulkas.

Berbeda lagi jika Anda ingin menyimpan makanan berkuah. Banyak sekali ibu-ibu yang memasak makanan bukan hanya untuk hari ini saja, namun juga untuk hari besoknya. Misalnya saja Anda membuat opor ayam, sebelum menyimpan opor sebaiknya Anda memanaskannya hingga mendidih terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk mematikan kuman atau mikroorganisme yang sudah menempel pada makanan agar tidak cepat busuk.

2. Hindari Langsung Menutup Makanan yang Masih Panas

Setelah memanaskan makanan berkuah, makanan yang cenderung basah atau bahkan makanan kering sebaiknya  Anda jangan langsung menutupnya dengan rapat. Biarkan hingga suhu dingin dan tidak ada uap panas yang keluar.

Jika makanan yang sudah dipanaskan langsung ditutup, kemungkinan makanan cepat basi akan sangat tinggi. Sudah banyak orang yang membuktikan hal ini sehingga Anda perlu untuk menghindari menutup langsung makanan yang masih panas.

3. Hindari Mengaduk Makanan yang Akan Disimpan

Makanan yang akan disimpan dan telah dipanaskan sebaiknya jangan diaduk-aduk lagi. Jika Anda ingin makan makanan tersebut, sebaiknya mengambilnya di mangkuk terlebih dahulu. Sehingga saat kompor dimatikan, Anda sudah tidak mengambil atau mengaduk makanan yang sudah dipanaskan tersebut. Mengaduk makanan yang sudah dipanaskan dan akan disimpan dapat membuat makanan cepat busuk atau basi.

4. Tutup dengan Rapat di Wadah Kedap Udara

Tips selanjutnya yaitu simpan makanan pada wadah kedap udara. Setelah makanan dipanaskan, Anda bisa mendinginkannya sebentar kemudian memasukkan pada wadah kedap udara.

Menyimpan makanan di tempat yang rapat, akan mencegah mikroorganisme masuk ke makanan tersebut. Jika tidak ada udara yang masuk ke makanan, tentu makanan tidak akan cepat busuk.

5. Menyimpan di Kulkas

Tips lain yang sangat efektif dan banyak dilakukan oleh banyak orang adalah dengan menyimpan makanan di kulkas. Suhu dingin yang ada pada kulkas akan membantu untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme pada makanan.

Berbagai macam makanan akan lebih awet jika disimpan di dalam lemari pendingin seperti ini. Bukan hanya bisa menyimpan buah-buahan dan sayuran saja, namun juga bisa menyimpan sisa makanan kuah, makanan goreng atau yang lainnya dapat disimpan di kulkas.

Selain itu, kulkas juga sangat bagus jika digunakan untuk menyimpan makanan kering seperti keripik. Makanan kering akan menjadi lebih renyah jika disimpan di suhu dingin.

Perlu Anda ketahui bahwa kulkas memang menjadi salah satu alat penting bagi ibu rumah tangga. Dengan adanya kulkas, Anda bisa menyimpan berbagai macam makanan dengan aman dan nyaman.

Makanan yang disimpan di kulkas bukan hanya awet, namun juga tidak mudah dicuri oleh hewan peliharaan. Apabila Anda saat ini sedang mencari kulkas baik itu kulkas 1 pintu atau kulkas 2 pintu maka bisa membelinya secara online di Blibli.

Belanja berbagai macam perlengkapan rumah tangga termasuk kulkas 2 pintu di Blibli membuat Anda merasa tenang. Blibli menjadi tempat belanja yang banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia karena sudah terasa sangat terpercaya dan ada banyak diskon menarik.

Dengan memiliki kulkas, Anda bisa mengikuti tips menyimpan makanan di atas agar makanan menjadi lebih tahan lama. Jangan lupa download aplikasi Blibli untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan!(*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda