Internasional post authorAju 06 April 2021

Teheran Jinakkan 2 Juta Ranjau Sisa Perang Iran dan Iraq

Photo of Teheran Jinakkan 2 Juta Ranjau Sisa Perang Iran dan Iraq Wakil Menteri Teknik dan Pertahanan Pasif Kementerian Pertahanan, Ali Akbar Soleimani

TEHERAN, SP - Kementerian Pertahanan Iran, telah berhasil menjinakkan lebih dari 2 juta ranjau dan satu juta persenjataan yang belum meledak yang tertinggal dari delapan tahun perang yang diberlakukan Iraq.

Islamic Republic News Agency, en.irna.ir, Selasa, 6 April 2021, mengutip Wakil Menteri Teknik dan Pertahanan Pasif Kementerian Pertahanan, Ali Akbar Soleimani, Senin, 5 April 2021, dalam kesempatan Hari Internasional untuk Kesadaran dan Bantuan Pekerjaan Ranjau, mencatat bahwa sekitar 4,2 juta hektar dari lima provinsi perbatasan menjadi sasaran berbagai jenis ranjau dan amunisi setelah periode Pertahanan Suci.

Perang Iran-Iraq juga dikenali sebagai Pertahanan Suci dan Perang Revolusi Iran di Iran, dan Qadisiyyah Saddam di Iraq, adalah perang di antara Iraq dan Iran yang bermula pada bulan September 1980 dan berakhir pada bulan Agustus 1988.

Hampir 1.200 kilometer tanah di dekat perbatasan Iran-Irar tercemar ranjau, yang segera dihancurkan setelah gencatan senjata antara kedua negara pada tahun 1988, katanya.

Tentara Republik Islam Iran dan Korps Pengawal Revolusi Islam, Islamic Revolution Guard Corps (IRGC) melakukan tugas penting di bawah pengawasan Kementerian Dalam Negeri dari 1988 hingga 2003.

Soleimani melanjutkan dengan mengatakan bahwa Republik Islam Iran mendirikan pusat internasional untuk melatih pembersihan ranjau dalam upaya untuk meningkatkan tingkat ilmiah kegiatan dalam hal ini dan membantu negara lain untuk menyingkirkan fenomena tersebut.

Iran siap untuk melatih sukarelawan dari negara lain dan mengambil langkah penting dalam memperkuat perdamaian dan keamanan di seluruh dunia.*

Sumber: en.irna.ir. Redaktur: Aju

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda