Internasional post authorKiwi 08 November 2020

Electoral Votes, Joe Biden Menangi Pilpres Amerika Serikat

Photo of Electoral Votes, Joe Biden Menangi Pilpres Amerika Serikat

Washington, SP - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden memenangkan Pemilu Amerika 2020. Dia akan menjadi presiden AS ke-46. Biden dipastikan memenangi pilpres setelah dia diproyeksikan menang di Pennsylvania, yang memiliki 20 electoral votes. Biden juga diproyeksikan menang di Nevada, yang memiliki 6 electoral votes. Dengan tambahan 26 electoral votes dari dua negara bagian itu, maka Biden telah meraup 290 electoral votes sedangkan pesaingnya, Donald Trump baru meraup 214 electoral votes.

Jumlah itu telah melampaui ambang batas 270 electoral votes yang diperlukan dari total 538 electoral votes untuk bisa memenangkan pilpres AS.

Sejumlah media AS seperti CNN, NBC, dan Time telah mendeklarasikan kemenangan Joe Biden.

Dilansir Associated Press, Sabtu (7/11), Joe Biden meraih 284 suara. Sedangkan Trump mendapatkan 214 suara. Joe Biden berhasil merebut Pennsylvania yang awalnya diungguli oleh Donald Trump. Suara elektoral Joe Biden diprediksi bertambah jika dia memenangkan Nevada, Georgia, dan Arizona.

Kubu Donald Trump telah mengambil langkah hukum untuk meminta hitung ulang. Mereka juga masih belum mengaku kalah.

Joe Biden bakal menjadi salah satu presiden tertua di AS sepanjang sejarah. Sementara Kamala Harris juga mengukir sejarah sebagai wanita kulit berwarna pertama yang menjadi wakil presiden.(tik/mer)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda