Internasional post authorShella 14 Januari 2022

Ahli Virologi Afrika Sebut Varian Omicron Bisa Membantu Bangun Herd Immunity

Photo of Ahli Virologi Afrika Sebut Varian Omicron Bisa Membantu Bangun Herd Immunity

PONTIANAK, SP - Ahli virologi Afrika Selatan meyakini bahwa varian terbaru SARS-CoV-2, omicron, dapat membantu membangun kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) karena penularannya yang tinggi.

Diketahui, infeksi omicron menimbulkan gejala yang lebih ringan dan tingkat kematian yang lebih rendah.

Seorang profesor di Departemen Virologi Medis Stellenbosch University, Gert Van Zyl, mengatakan, varian omicron tidak terlalu mematikan dibandingkan varian lainnya. Pasalnya, gejala yang ditimbulkan lebih ringan. Menurutnya, penularan omicron yang tinggi, dapat membantu membangun kekebalan kelompok.

"Memperhatikan bahwa kekebalan kelompok juga akan mempengaruhi perjalanan pandemi, omicron memberikan kekebalan yang relatif tinggi terhadap varian lain, seperti delta," ujar Zyl, dilansir Anadolu Agency, Jumat (14/1).

Zyl mengungkapkan bahwa varian omicron kemungkinan bukan menjadi varian terakhir yang muncul dalam pandemi. Kemunculan omicron bisa mengubah menjadi pola endemik.

Suatu penyakit dianggap endemik ketika secara teratur ditemukan di antara populasi tertentu atau di wilayah geografis tertentu.

Menurut Zyl, virus akan terus menyebar dalam jangka panjang. Oleh karena itu, ia mendorong pentingnya melindungi individu berisiko tinggi seperti populasi lansia. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda