Internasional post authorShella 16 Januari 2022

Puluhan Kapal Jepang Tenggelam Dampak Tsunami di Tonga

Photo of Puluhan Kapal Jepang Tenggelam Dampak Tsunami di Tonga

PONTIANAK, SP - Tsunami yang terjadi di Tonga sebabkan puluhan kapal di Jepang tenggelam. Diketahui, tsunami terjadi akibat letusan gunung berapi bawah laut itu menghantam pantai Pasifik Jepang, Minggu (16/1) pagi waktu setempat.

Melansir Japantimes, 14 kapal tenggelam di Prefektur Kochi dan lima kapal terbalik di Prefektur Tokushima. Belum ada korban yang dilaporkan akibat kejadian tersebut.

Badan Meteorologi mencatat bahwa tsunami 1,2 meter diamati terjadi di kota Amami pada Sabtu (15/1). Di tempat berbeda, tsunami 1,1 meter terjadi di Prefektur Iwate pada Minggu (16/1), pukul 02.26 waktu setempat.

Tsunami kecil kurang dari 1 meter juga diamati di wilayah pantai Pasifik negara itu, dari Hokkaido ke Kyushu dan Okinawa.

Sementara Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana mengungkapkan setidaknya 210.000 orang di tujuh prefektur, yakni Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Kochi, Miyazaki, dan Kagoshima diminta untuk menjauh dari pantai.

menanggapi peristiwa tesebut, pihak berwenang mengimbau agar penduduk pantai Pasifik Jepang menjauh dari daerah tepi laut sampai peringatan tsunami dicabut.

Selain itu, Pemerintah Jepang bergegas memastikan keselamatan warga negara Jepang di Tonga. Menurut situs Kementerian Luar Negeri Jepang, ada 35 warga negara tersebut berada di Tonga per April 2020.

Sebagai informasi, tsunami Tonga berawal dari gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai yang meletus pertama kali pada Jumat (14/1). Letusan melemparkan gumpalan abu sejauh 20 km ke udara.

Selanjutnya, letusan kedua terjadi kedua terjadi pada Sabtu (15/1), pukul 17.26 waktu setempat. Badan Meteorologi Australia mencatat, gelombang tsunami setinggi 1,2 meter di dekat Nuku'alofa, pukul 17.30 waktu setempat.

Menurut laporan Pasific Tsunami Warning Center, gelombang tsunami setinggi 0,8 meter (2,7 kaki), diamati dari alat pengukur di Nuku'alofa.

Sejumlah wilayah di sekitar Pasifik juga merilis peringatan tsunami menyusul peristiwa yang terjadi di Tonga. National Weather Service Seattle mengeluarkan peringatan tsunami untuk Pantai Pasifik AS.

Laguna Beach, California, AS turut menutup semua pantainya. Begitu juga wilayah pantai lain, dermaga, pelabuhan yang mengaktifkan pusat operasi darurat menyusul peringatan tsunami.

Di sepanjang garis pantai Jepang, peringatan tsunami juga terus diberlakukan. Akibat letusan gunung berapi Tonga, gelombang tsunami setinggi 1,2 meter menghantam Pulau Amami Oshima, prefektur Kagoshima, yang diikuti gelombang setinggi 1,1 meter di Pelabuhan Kuju, Prefektur Iwate. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda