Internasional post authorPatrick Waraney 20 Januari 2021 67

Sesaat Lagi Pelantikan, Kamala Haris Tiba di Gedung DPR Amerika

Photo of Sesaat Lagi Pelantikan, Kamala Haris Tiba di Gedung DPR Amerika

WASHINGTON, SP- Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Hari Rabu (20/1) pukul 23.11 WIB waktu Indonesia, Capres Kamala Harris tiba di peron Gedung DPR Amerika Serikat (Capitol House) dengan diantar suaminya, Doug Emhoff, telah tiba di peron Capitol untuk pelantikan.

Harris akan dilantik sebagai wapres oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor, wanita kulit berwarna pertama di pengadilan. Harris akan menjadi wanita pertama orang AS keturunan Afrika (selain berdarah campuran Asia asal India) pertama yang menjabat sebagai wapres.

Wakil Presiden AS terpilih ini dikawal oleh Eugene Goodman, petugas Kepolisian Capitol AS yang dipuji sebagai pahlawan setelah memimpin para perusuh menjauh dari ruang DPR AS selama serangan kekerasan di gedung legislator ini awal Januari 2021.(guardian/001)

Trump Tinggalkan Gedung PutihDonald Trump pada Rabu pagi tadi meninggalkan Gedung Putih (White House) untuk terakhir kalinya sebagai Presiden AS, beberapa jam sebelum Joe Biden dilantik sebagai presiden ke-46 AS pada saat kekacauan dan kerugian besar untuk AS, Biden akan mengambil sumpah jabatan di tangga Capitol AS di mana tepat dua pekan sebelum gerombolan pendukung Trump melanggar penghalang keamanan dan menyerbu gedung dalam upaya untuk membalikkan hasil pemilihan presiden. Biden kemudian diharapkan untuk menandatangani serangkaian perintah eksekutif untuk membatalkan banyak kebijakan 'yang sangat tidak manusiawi' dari Trump," kata para pembantunya.  Perintah tersebut antara lain (akan membuat AS bergabung kembali dengan kesepakatan iklim Paris) mengakhiri larangan perjalanan di beberapa negara mayoritas Muslim. Biden juga akan mencabut deklarasi darurat Trump yang membantu mendanai pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko.(guardian/001) 

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda