Internasional post authorAju 22 Juli 2021

Hubungan Diplomatik Belum Kondusif, Wakil Menteri Luar Negeri AS ke China

Photo of Hubungan Diplomatik  Belum Kondusif, Wakil Menteri Luar Negeri AS ke China Wendy Sherman bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di kota timur laut Tianjin, China, Minggu,25 Juli 2021. Denis Balibouse/Reuters

WASHINGTON, SP - Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Wendy Sherman, akan melakukan perjalanan ke China akhir pekan ini dalam kunjungan yang terjadi ketika ketegangan antara Washington dan Beijing meningkat di berbagai bidang, kata Departemen Luar Negeri.

Jaringan televisi berbasis di Doha, Qatar, Al Jazeera (aljazeera.com), Kamis pagi, 22 Juli 2021, melaporkan, Wendy Sherman akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan lainnya di kota timur laut Tianjin pada hari Minggu, 25 Juli 2021, sebagai bagian dari perjalanannya saat ini ke Asia, yang juga membawanya ke Jepang, Korea Selatan dan Mongolia.

Wendy Sherman, kemudian akan mengunjungi Oman.

“Diskusi ini adalah bagian dari upaya Amerika Serikat yang sedang berlangsung untuk mengadakan pertukaran jujur ??dengan pejabat China untuk memajukan kepentingan dan nilai AS dan untuk mengelola hubungan secara bertanggung jawab,” kata pernyataan Departemen Luar Negeri pada hari Rabu, 21 Juli 2021, merujuk pada China.

“Wakil sekretaris akan membahas bidang-bidang di mana kami memiliki keprihatinan serius tentang tindakan China, serta bidang-bidang di mana kepentingan kami selaras,” katanya.

Sherman akan menjadi pejabat tertinggi Amerika Serikat yang mengunjungi China sejak Presiden Joe Biden menjabat, meskipun Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan bertemu Wang dan diplomat veteran China Yang Jiechi di Anchorage, Alaska, pada bulan Maret untuk apa yang terbukti menjadi pertukaran pertama yang kontroversial.

Kunjungan Sherman ke China mengikuti penurunan signifikan dalam hubungan AS-China yang sudah tegang parah hanya dalam dua minggu terakhir.

Pejabat senior Amerika Serikat, tidak akan mengkonfirmasi saran bahwa China pada awalnya hanya menawarkan pejabat tingkat rendah untuk bertemu Sherman.

Tetapi mereka mengatakan pemerintahan Biden tidak akan menyetujui kunjungan itu kecuali mereka yakin Sherman akan dapat melihat pejabat tinggi secara langsung.

Para pejabat tidak berwenang untuk melihat perjalanan secara terbuka sebelum pengumuman resmi hari Rabu, 21 Juli 2021, dan berbicara dengan syarat anonim.

Para pejabat mengatakan agenda Sherman akan luas dan mencakup area perselisihan, serta area konvergensi yang lebih kecil, seperti keinginan bersama untuk membawa Korea Utara kembali ke meja perundingan untuk pembicaraan nuklir.

Amerika Serikat pada hari Senin, 19 Juli 2021, secara terbuka menuduh Beijing melakukan peretasan besar-besaran pada bulan Maret 2021 di Microsoft Exchange dan mengeluarkan peringatan penasihat bisnis tentang risiko di Hong Kong.

China mengecam apa yang disebutnya kampanye "buatan" oleh Amerika Serikat yang mengumpulkan sekutu termasuk North Atlantic Treaty Organization (NATO) untuk kecaman bersama yang jarang terjadi atas serangan siber yang diklaim.

Pekan lalu, Amerika Serikat mengeluarkan peringatan keras terpisah terhadap transaksi dengan entitas yang beroperasi di wilayah Xinjiang barat China, di mana China dituduh menindas Muslim Uighur dan minoritas lainnya.*

 

Sumber: aljazeera.com

 

Redaktur: Aju

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda