Internasional post authorKiwi 28 Agustus 2020 148

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri Karena Masalah Kesehatan

Photo of Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri Karena Masalah Kesehatan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengundurkan diri karena alasan kesehatan dan mengakhiri masa jabatannya sebagai perdana menteri terlama di negara itu.

Dia berkata bahwa penyakit kronisnya kambuh dan sejak pertengahan Juli, kesehatannya memburuk dan dia telah kehilangan banyak energi dan kekuatannya.

“Saya telah bergumul dengan penyakit saya dan saya harus berobat. Kesehatan yang buruk seharusnya tidak mengarah pada keputusan politik yang salah. Saya harus terus memberikan hasil, ”kata Abe dalam konferensi pers yang diterjemahkan oleh penyiar lokal NHK.

Dia menyarankan bahwa dia akan terus mendukung penggantinya tetapi tidak ingin berkomentar tentang bagaimana Partai Demokrat Liberal (LDP) akan memilih pemimpin berikutnya, atau siapa pemimpin baru ini.

“Saya berterima kasih kepada rakyat Jepang atas semua dukungan Anda,” kata Abe.

Spekulasi tentang kesehatan dan masa jabatan Abe telah meningkat setelah dia melakukan dua kali kunjungan ke rumah sakit baru-baru ini, pertama pada 17 Agustus dan kemudian seminggu kemudian. Pria berusia 65 tahun itu telah berjuang melawan kolitis ulserativa selama bertahun-tahun, dan kondisi tersebut memaksanya untuk mengakhiri masa jabatan pertamanya sebagai perdana menteri pada tahun 2007 setelah hanya satu tahun menjabat.

Dia kembali berkuasa pada tahun 2012, mengatakan bahwa dia dapat menjaga kondisinya dengan obat-obatan yang telah tersedia. Pada hari Senin, ia menjadi perdana menteri terlama di Jepang, melampaui rekor yang dibuat oleh paman buyutnya Eisaku Sato setengah abad yang lalu.

Bahkan sebelum kunjungan ke rumah sakit baru-baru ini, ada laporan yang mengklaim Abe muntah darah, serta pertanyaan tentang penampilan publiknya yang terbatas, termasuk untuk mengatasi kritik atas penanganannya terhadap virus corona.(scmp)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda