Rusia akan Habisi Taliban: Ini Isyarat Kremlin ke Afghanistan

Photo of Rusia akan Habisi Taliban: Ini Isyarat Kremlin ke Afghanistan Utusan Presiden Rusia untuk Afghanistan Zamir Kabulov.(Foto:© Kementerian Luar Negeri Rusia via TASS)

MOSKOW, SP – Rusia tidak secara transparan menyebut dukungannya terhadap  Pemerintah Aghhanistan dalam memerangi Taliban. Kelompok terlarang di Rusia itu diklaim tak akan mampu menggulingkan pemerintahan yang sah.  

Hal ini ditegaskan oleh Zamir Kabulov, Perwakilan Khusus Presiden Rusia untuk Afghanistan yang juga Direktur Departemen Asia Kedua di Kementerian Luar Negeri Rusia dalam  briefing online dari Moskow, Ibu Kota Rusia, Kamis, 29 Juli 2021. 

"Bagaimanapun, ini tentu lebih dari setengahnya," katanya ketika menanggapi pertanyaan tentang sejauh mana kendali Taliban atas wilayah Afghanistan, sebagaimana dilansir Suara Pemred dari kantor berita Pemerintah Rusia, TASS. Kamis.

Belakangan, utusan Rusia itu   memberikan jawaban yang penuh teka-teki: "Kami (Rusia) tidak berpikir bahwa skenario ini (perampasan Afghanistan oleh Taliban) akan berhasil. Tetapi,  kami siap untuk perkembangan apa pun. Mundurnya pasukan Pemerintah Afghanistan adalah penyebab meningkatnya serangan Taliban."

Bentrokan antara pasukan Afghanistan dan kelompok militan radikal Taliban meningkat setelah Presiden Joe Biden mengumumkan keputusannya  pada 14 April 2021 untuk mengakhiri operasi militer di Afghanistan, yang merupakan kampanye militer luar negeri terpanjang dalam sejarah AS.

Hingga Selasa, 13 Juli 2021, AS menarik lebih dari 95 persen pasukannya dari Afghanistan. Padahal, para pejabat di Afghanistan telah berulang kali menyatakan bahwa Taliban telah mengintensifkan serangannya di negara itu.(PWS)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda