Iptek post authorKiwi 18 Oktober 2021

Pembuatan Sistem Penanda (Signed System ) Rumah Tinggal Tradisional Melayu & Poster Potensi Wisata Budaya Berciri Lokal di Kampung Tambelan Sampit, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak

Photo of Pembuatan Sistem Penanda (Signed System ) Rumah Tinggal Tradisional Melayu & Poster Potensi Wisata Budaya Berciri Lokal di Kampung Tambelan Sampit, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak Melakukan Sosialisasi Kegiatan PPM di Kantor Kelurahan Tambelan Sampit, Pontianak dan Sekretariat POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Kalengkang Tambelan Sampit serta Survey Kegiatan PPM

KEGIATAN PPM JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR POLNEP TAHUN 2021

Kampung Tembelan Sampit yang berada di Kelurahan Tembelan Sampit  yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 7.822  jiwa yang bermukim di kecamatan Pontianak Timur, Kota Potianak, Provinsi Kalimantan Barat dengan luasan lahan sebesar 40 ha. Kampung Tembelan Sampit merupakan salah satu kampung tertua yang ada di Kota Pontianak selain Kampung Kamboja, Kampung Bangka, Kampung Bansir dan Kampung Tembelan Sampit sendiri merupakan kampung dengan peninggalan sejarah dan budaya masyarakat Melayu Pontianak. Secara administrative  Kampung Tambelan Sampit terdiri dari 3 Zona Kampung meliputi : Zona Kampung Luar, Zona Kampung Tambelan, dan Zona Kampung Sampit

Perlu diketahui, untuk luasan dari Kampung Tembelan Sampit termasuk salah satu kampung memiliki area yang terbesar di kecamatan Pontianak Timur. Karena banyaknya area potensi wisata budaya yang terdapat dalam Kampung Tembelan Sampit tersebut membuat banyaknya kesulitan. Masyarakat (Pengunjung) yang datang ke Kampung Tembelan Sampit masih merasa kebingungan mengenai area-area yang ada didalamnya, kurangnya tanda ataupun petunjuk, serta adanya kesalahan petunjuk arah disana.

Menurut Informasi dari Pokdarwis ( Kelompok Pengelola Wisata ) Tambelan Sampit, banyak masyarakat (pengunjung) yang datang berkunjung tidak banyak mendapat informasi secara lengkap mengenai potensi wisata budaya yang ada di kampung Tambelan Sampit. Untuk itu perlunya fasilitas yang bisa membantu pengunjung. Seperti, poster potensi wisata budaya dan system penanda area (Signed System) yang diletakan di area Kampung Tembelan Sampit atau obyek wisata budaya agar masyarakat (Pengunjung)  mudah mengetahui tempat yang sedang dikunjungi.

Dalam pengembangan potensi wisata budaya di Kampung Tambelan Sampit yang ada tidak dapat dilepaskan dari bantuan partisipasi masyarakat lingkungannya, institusi pendidikan, pemerintah daerah, institusi terkait serta pengelola rumah tua (rumah tradisional Melayu) harus ditempatkan pada posisi yang dapat memberikan peran besar dalam membantu dalam mengoptimalkannya.

Berdasarkan uraian pendahuluan diatas, maka permasalahan yang dihadapi oleh pihak penghuni rumah tua (rumah tinggal tradisional Melayu) maupun pihak-pihak terkait yang terlibat dalam penanganan masalah  di Kampung Tembelan Sampit terrsebut adalah :

1. Di rumah tua (rumah tinggal tradisional Melayu) sampai saat ini, belum ada memiliki sistem penanda (Signed System) yang terpasang,  dilengkapi dengan elemen pendukung untuk bisa memberi informasi tentang keberadaan rumah tua (rumah tinggal tradisional Melayu) di kampung Tambelan Sampit yang mudah dipahami oleh masyarakat (pengunjung).

2. Di kampung Tambelan Sampit belum tersedia media grafis berupa poster potensi wisata budaya berciri lokal secara visual ilustrasi dan fotografi untuk keperluan promosi wisata budaya yang dapat membantu pihak Pokdarwis ( Kelompok Pengelola Wisata ) dalam mempublikasikan kepada masyarakat (pengunjung) untuk menambah wawasan pengetahuan tentang keberadaan potensi wisata budaya berciri lokal. Selama ini dirasa belum secara keseluruhan digali, dimanfaatkan dan dikemas secara baik untuk menarik masyarakat (pengunjung).

Untuk mengatasi masalah diatas, maka Jurusan Teknik Arsitektur Polnep melaksanakan kegiatan berupa Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Arsitektur Polnep adalah sebagai suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam penerapan dan pengembangan hasil-hasil riset perguruan tinggi dan merupakan salah satu bentuk kontribusi lembaga pendidikan tinggi dalam hal ini Politeknik Negeri Pontianak melalui Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2KM) dalam rangka turut membantu terkait dengan penyediaan sistem penanda (signed system) yang terpasang di rumah tua (rumah tradisional Melayu) serta media grafis berupa poster potensi wisata budaya berciri lokal di Kampung Tambelan Sampit.

Kegiatan PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) yang berlokasi di Kampung Tambelan Sampit ini, dilaksanakan dari bulan Juni s/d bulan Oktober tahun 2021  oleh para Dosen dan mahasiswa di lingkungan Jurusan Teknik Arsitektur, Politeknik Negeri Pontianak. Para Dosen ini diketuai oleh Wahyudin Ciptadi.,ST.,M.Sc., beranggotakan Erwin Rizal H, ST.,MT.; Chandra Bayu, ST. MT.; R Puspito Harimurti,ST.,M.Sc.; Muhammad Radhi,ST.,M.Sc dan dibantu oleh 7 orang mahasiswa DIII Arsitektur, Polnep.

Tujuan dari kegiatan Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini adalah :

1. Menyediakan sistem penanda (Signed System) yang akan dipasang, dilengkapi dengan elemen pendukung untuk bisa memberi informasi tentang keberadaan rumah tua (rumah tinggal tradisional Melayu) di kampung Tambelan Sampit agar mudah dicari posisi keberadaan oleh masyarakat (pengunjung). Karya system penanda area (Signed System) yang berkonsep budaya melayu ini merupakan upaya dalam pelestarian budaya local sekaligus mengangkat dan mempopulerkan gaya tradisi pada model desain.

2. Membantu Pokdarwis ( Kelompok Pengelola Wisata ) Tambelan Sampit dan masyarakat setempat melengkapi sarana media grafis berupa poster potensi wisata budaya berciri lokal secara visual ilustrasi dan fotografi untuk keperluan promosi wisata budaya serta bisa menjadi destinasi wisata budaya yang tujuannya agar pengujung atau wisatawan bisa ikut belajar dan mengenal kebudayaan lokal.

Kemudian manfaat dari kegiatan Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini adalah untuk turut serta dalam menyelesaikan permasalahan di Kampung Tambelan Sampit terutama terkait dengan pengembangan , pelestarian Kampung Tembelan Sampit sebagai salah satu destinasi wisata budaya Kota Pontianak agar tetap menjaga kelestarian seni dan budaya lokal sehingga terciptanya rasa memiliki dan cinta budaya lokal.

Sedangkan Khalayak sasaran kegiatan Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini adalah:

1. Pokdarwis ( Kelompok Pengelola Wisata ) Tambelan Sampit dan masyarakat setempat yang menjadi pihak yang langsung berhubungan dengan para stake holder dalam penanganan masalah perlengkapan sarana media grafis berupa poster potensi wisata budaya berciri lokal secara visual ilustrasi dan fotografi untuk keperluan promosi wisata budaya serta bisa berfungsi agar pengujung atau wisatawan bisa ikut belajar dan mengenal kebudayaan lokal.

2. Masyarakat yang datang berkunjung ke destinasi wisata budaya di Kampung Tambelansampit Pontianak meliputi rumah tua (rumah tinggal tradisional Melayu) dan potensi wisata budaya lainnya, yang secara langsung akan mendapatkan manfaat maupun dampak positif untuk bisa memberi informasi tentang keberadaan rumah tua (rumah tinggal tradisional Melayu) di kampung Tambelan Sampit agar mudah dicari posisi keberadaan dengan cepat.

Melalui kegiatan PPM ini diharapkan memiliki keterkaitan antara lembaga Politeknik Negeri Pontianak, Jurusan Teknik Arsitektur selaku pihak yang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak Pokdarwis ( Kelompok Pengelola Wisata ) Tambelan Sampit dan masyarakat setempat selaku penerima manfaat dari dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM.

Sedangkan manfaat yang diperoleh oleh lembaga Politeknik Negeri Pontianak, Jurusan Teknik Arsitektur antara lain: terselenggaranya kegiatan tri dharma perguruan tinggi khususnya oleh para staf pengajar di Jurusan Teknik Arsitektur. Dan bukti kepedulian sosial lembaga Politeknik Negeri Pontianak terhadap permasalahan rumah tua (rumah tinggal tradisional ) dan potensi wisata budaya Kampung Tambelan Sampit.(*)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda